Blography: Alas Foto Lipat Review. Is It Worthed?

7:30 AM

Blogger itu merangkap Photographer.

Jadi kalo statusnya blogger, berarti jadi photographer juga.

E tapi kalo blognya isinya cuma cerita-cerita macam Bang Dika gitu, nggak usah pinter motret juga nggak papa. Tinggal comot aja poto yang bertebaran di gugel dan dikasih credit.

Lain lagi konteksnya blogger yang menyangkutpautkan produk 'cem beauty blogger/food blogger, kalo nggak bisa moto ya yaudah. Tingkat kemenarikan blognya jadi kurang aja gitu. Jujur, pasti seneng kan lama-lama nangkring di blog yang fotonya kuece buadai macam My Lovely Sister? Ngeri-ngeri jiper gitu antara meratapi kondisi blog sendiri yang potonya aja kadang suka ngeblur atau malah langsung pengen belajar photography.

Kalo saya, saya jiper dulu. Terus belajar. Tapi tetep aja belum bisa menghasilkan foto yang caem. Aku kudu piye, mas.

alas foto lipat review





Tapi masalahnya kadang bukan hanya pada belajarnya. Untuk menghasilkan foto yang bagus, biayanya nggak murah. Kamu harus punya kamera yang mumpuni. Mau itu kamera HP, Digital, DSLR, Mirrorless, ataupun ActionCam dan jenis-jenis kamera lainnya yang aku nggak tau. Harga kamera yang ‘layak’untuk menghasikan foto yang bagus itu kisarannya 2 juta keatas. Bagus menurut aku itu jernih, warnanya nggak jauh beda sama yang asli, dan tajam.

Lalu kalo mau lebih pro, harus rogoh kocek lagi buat beli piranti studio macam lighting, reflector, background, dll. Dan harganya itu nggak murah percayalah. Gilak ya makanya jadi blogger yang merangkap photographer itu biayanya nggak sedikit. Jangan sukak nyolong foto ya, sis.

Ngomongin background, belakangan lagi hits banget yang namanya alas foto. Alas foto ini krusial banget buat menghasilkan foto yang enak dipandang dan pajang-able. Background dari alas foto juga bisa ngehighlight produk yang sedang kita bahas. Coba bayangin kalo lagi ngereview lipstick, terus dibelakang si lipstick banyak tumpukan baju, tumpukan sepatu, atau lebih parah, tumpukan cucian piring (tapi nggak mungkin, sih). Pasti sepet mata liatnya.

Makanya cara paling caem adalah dengan alas foto. Alas foto itu bisa apa aja. Nggak musti yang dari karton tebal gitu. Aku sering ngejadiin baju aku yang kainnya bertekstur sebagai alas foto. Dan menurutku, hasilnya sama-sama bagus. Malah kadang lebih bagus daripada pake alas foto beneranyya haha.

Nah, kalo semisal pengen yang instant karena nggak mau ribet, aku punya review alas foto lipat yang aku pernah sebutin di haul Februari lalu. Alas foto lipat ini produksinya Bagus Bagus Wrapping.

alas foto lipat review


Aku beli alas foto ini karena baca posnya kak Icha. Aku langsung terjun ke IGnya alas foto lipat Bagus Bagus Wrapping dan langsung ingin beli karena keliatannya praktis dan modelnya bagus-bagus. Aku beli ini di IG@alasfotolipat dengan harga Rp97.500.

alas foto lipat review


Yang aku suka dari alas foto lipat ini, dia dapet pouch gitu dan kualitas pouchnya lumayan. Terus enak aja gitu karena bisa dilipat dan dibawa kemana-mana which is really helpful for travelling. Apalagi buat para food blogger. Bahannya juga bagus banget. Tebal dan dilapisi kertas yang bisa dilap kalo kotor. Buat material, aku nggak ada masalah karena sesuai sama harganya.

Meskipun bahannya aku suka banget, aku males pake alas foto ini... Entah aku yang dodol atau apa, aku kira tadinya ini dilipat jadi A3. Eh nggak taunya, dilipat jadi A4. Jadi buat aku, alas foto lipat ini cukup useless._. Karena ukurannya yang Cuma A4, aku jadi kesulitan mereview produk yang ukurannya besar. Paling aku Cuma bisa review lip product, nail product, makeup-makeup kecil dan beberapa produk mini/travel size. Agak kecewa sih. Tapi ya itu karena kedodolan aku juga nggak research lebih mendalam-_-


alas foto lipat review


Meskipun bisa dibuka lipatannya jadi A3, tetep aja bekas lipatannya keliatan dan gengges abis. Masa iya nanti background foto aku tiba-tiba kusut ditengahnya... Lucuk banget, khan.

Terus aku nggak terlalu rekomendasi pattern ini karena bakal keliatan fake buat foto produk yang close-up. Mungkin kalo ada yang berminat beli, bisa cobi-cobi pattern yang lain. Aku pribadi, karena faktor nggak cocok dengan ukuran lipat dan patternnya, jadi jarang pake alas foto ini lagi. Aku malah lebih suka pakai kain bertekstur untuk alas. Atau malah nggak dialasin sekalian dan fotonya di outdoor.

 Contoh foto pakai alas foto lipat:

alas foto lipat review
bagian polos

alas foto lipat review
bagian bermotif

alas foto lipat review
Saat ditekuk.
Purbasari Color Matte Review

Contoh foto dengan alas kain bertekstur:

nivea lip butter review
Nivea Lip Butter Raspberry Rose Review

la girl nudes eyeshadow review
L.A. Girl. Eyeshadow Brick Nudes Review

gizi super cream review
Gizi Super Cream Review

alas foto lipat review
My Darling Liquid Eyeliner Review

alas foto lipat review
Nabi Matte Longlasting Lipgloss Review


Buat daerah Bandung, bisa beli offline di Gramedia Trans Studio Mall. Atau bisa juga pesen lewat Instagramnya @alasfotolipat karena pattern yang ada di Gramedia cukup sedikit.

alas foto lipat review
Stock di Gramedia TSM


Overall, aku nggak terlalu rekomendasiin alas foto ini, sih. Kalo nggak ada niat buat foto-foto produk selama travelling, mending bikin sendiri aja alas fotonya. Bisa cek blog kakTya juga buat info buat alas foto sendiri. Cuman kalo nggak mau ribet, bisa pesen ini Alas foto lipat Bagus Bagus Wrapping di @alasfotolipat juga karena mereka juga punya alas foto untuk versi tidak lipatnya. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan budget aja.

Recommended? Not really..

Repurchase? No.

Price? Rp97.500

Where to buy? Instagram @alasfotolipat / Gramedia (nggak semua ada)

Warm Hugs,



Adhelia Fa

You Might Also Like

17 comments

  1. Lebih enak dilihat yg kain ya karena warna bisa kita sesuiakan dengan produk.

    ReplyDelete
  2. Aku lebih suka yg pake background kain, walaupun pakai alas foto lipat foto km jadi keliatan lebih cerah. Tapi bener tekukannya bikin gengges XD

    www.gadzotica.com

    ReplyDelete
  3. Tadinya aku mau beli ini yg motif marmer dhel, tapi maju mundur karena harganya ga murah amat hehe
    Selama ini, pas awal ngeblog aku bikin diy softboxnya dari blognya Nindy Silver tReasure, tapi boxnya dibuang ibu dirumah T.T
    Karena males bikin jadi cuma pakai kertas belakang kalender aja paling dhel biar gak ada tekukannya untuk sementara.

    destywidy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. del, del.. itu yg foto produk nivea lip butter pake alas kain lap tangan yang motifnya kotak-kotak itu ya? xD

    tapi emang sih. daripada pake alas foto khusus, lebih asik pake kain/baju yg bermotif/bertekstur.

    hemm... fotomu udah caem kok, dhel~~ tapi emg loh, foto-foto di blognya ce Aini-Eve itu bajusss nget

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Recomended buat blogger yang sering review produk (y)

    ReplyDelete
  6. Wahhh, sayang bgt ukurannya cuma A4 ya... Aku biasanya pake kertas kado kalo nggak pake rok dijadiin background foto produk. Hehehe...

    etherealatte.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Setuju banget klo blogger memang merangkap jadi photographer juga, nice sharing :)

    www.Glowlicious.Me

    ReplyDelete
  8. Menurutku bagus yang pake kain sih kak hasilnya. Lebih gimana gitu. Ah fotonya kak Adhel mah bagus semua wkwkwk

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  9. aku termasuk blogger yang suka rempong sendiri sama urusan background foto. XD
    biasanya pakai kertas kado atau kain kerudung aja untuk menghemat biaya, lol.

    foto-foto kamu udah bagus lho menurutku ^^
    caiyooo, seiring waktu berlalu pasti makin meningkat skill fotografinya ^0^9

    beautyandstory.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Waaah ini berguna banget informasinya! Thanks for sharing, Adhel! :D

    magellanictivity.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Waaah ini berguna banget informasinya! Thanks for sharing, Adhel! :D

    magellanictivity.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Aku sendiri lebih suka pake alas yang ada aja kalo jalan-jalan mah.. makanan juga ya gimana meja dj tempat makannya we. Kalo di rumah, foto produk juga lebih sering pake kain dibanding alas foto xD

    Menurutku nih, kalo pengen hemat tapi punya alas foto yang kece, cari aja kertas kado yang motifnya bagus terus tempelin di karton yang agak tebelan xD

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk orang yang masa bodo dengan poto XD semua poto2 aku cuma di meja kayu yang dibeli nyokap, yang sebenarnya untuk dijadikan meja makan tapi malah nangkring gitu aja gak dipakai karena kelupaan beli kacanya XD daripada mubazir aku pakai aja buat foto2 lol

    Dan aku tipe yang gak pernah otak atik foto sih, gak pernah kasih cantek2 gitu XD Biar fokus aja gitu ke barangnya, kalau gak demen ama fotoku ya udah lah ya, terserah yang lihat, toh diluaran sana banyak yang fotonya cantik2, mereka bisa ke sana << cuek bebek amit2 dah LOL

    PS : karena inilah aku gak bilang diriku beauty blogger, gak ada syarat yang bisa terpenuhi wakakakak

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  14. salah fokus sama rumputnya *komen yang ga nyambung banget-,-*


    dan foto blogku sangat seadanya:')

    ReplyDelete
  15. Bagus alas fotonya XD Jadi tertarik beli! Thank you udah sebut-sebut kita di sini :D hehe

    ReplyDelete
  16. Hi Adhel!
    Foto kamu bagus-bagus kok. Aku juga nih masih termotivasi banget buat ngasilin foto yang komersil. Selama ini aku pakenya kain putih hehehe, kayaknya perlu nambah lighting.
    Thanks for sharing!
    www.gianaryanti.com

    ReplyDelete
  17. Hi Adhel!
    Foto kamu bagus-bagus kok. Aku juga nih masih termotivasi banget buat ngasilin foto yang komersil. Selama ini aku pakenya kain putih hehehe, kayaknya perlu nambah lighting.
    Thanks for sharing!
    www.gianaryanti.com

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe