Tips Nulis biar (semoga) Asyique ala Adhel

6:57 PM

"Ajarin nulis biar asik mba Adhel"

Jadi beberapa waktu lalu, temen sekelas aku, Aziz, bilang begitu (BTW aku di kelas emang dipanggil 'mba'... iya mba.. mba beli pecelnya satu mba...) Aku nggak merasa aku adalah orang yang asik dengan tulisan yang asik makanya agak ngakak juga ada yang bilang begitu. Ya kamu baca ajalah sendiri blog ini. Isinya curhaaat mulu.



Serius. Aku mah nggak tau cara nulis yang asik. Kalo cara nulis yang bagus, aku tau. Soalnya aku kan ngambil mata kuliah writing dan disitu diajarin semua. Aku rasa Aziz juga tau cara nulis yang bagus karna dia juga ngambil matkul itu.

Tapi karna Aziz yang bilang, aku tanggepin. Soalnya Aziz baik, sih. Kayak ibu peri. Suaranya juga bagus. Tapi gambarannya jelek. Elva juga sering minta ajarin nulis ke aku tapi ndak pernah aku gubris wkwkwk. Malah aku marahin “Belajar aja sendiri. Nulis doang aja masa nggak bisa.”  Akuma pilih kasih anaknya maaf ya.



Persiapan

1.       Iqra! Bacalah!

Aku bukan nyuruh kamu baca Iqra yang isinya a ba ta sa ja ha kho... (tapi kamu tetep harus baca Iqra/Al-Quran/alkitab loh ya)
‘Iqra ‘itu artinya ‘baca’. Kalo kamu mau nulis dengan baik dan asyique, kamu juga harus jadi pembaca yang baik dan kalo bisa asyique.

credit


Baca apa aja. Kalo kamu sukanya baca ensiklopedia, bacalah. Kalo kamu sukanya baca short story-nya Edgar Allan Poe, bacalah. Kalo kamu sukanya baca artikel gajelas kayak gini, bacalah. Intinya, perkaya otak kamu dengan tulisan. Serap tulisan sebanyak-banyaknya, lalu barulah kamu bisa menulis.

“Aku males baca tapi aku pengen nulis bagus”

Gausah mimpi.


2.       Be open-minded

Kamu nggak bisa setiap hari makan coklat cangkibar karna nanti kamu bisa kena diabetes. Kamu juga nggak bisa tiap hari Cuma makan sayur karna kamu nggak akan merasakan enaknya sebelas bumbu rahasia KFC.

Kalo kamu mau nulis, usahain netral. Inisih opini aku aja. Apalagi mengenai isu-isu sensitif kayak LGBT. Tapi kalo kamu udah punya filisofi hidup sendiri sih nggak papa. Asal kamu punya argumen kuat dan masuk akal.

Dunia ini luas banget. Kamu bukan yang paling benar. Serap semua hal yang bertebaran di sekitar kamu. Jadikan itu pandangan baru buat kamu. Bukan buat merubah kamu, hanya untuk menambah pandangan baru. Kamu harus tau semua orang menganggap dirinya benar. Kamu bukan yang paling benar.

Oke? Oke.

3.       Date your words

Kalo orang pacaran kan suka berduaan. Nah, kalo kamu mau nulis juga, usahain kamu luangin waktu dan hati kamu ke tulisan kamu.

Kalo aku, aku suka menyendiri. Terus biasanya aku nulis itu tengah malam saat nggak ada suara klakson mobil, suara TV, dll. Aku juga nggak bisa nulis dalam keadaan mood yang jelek. Rata-rata orang nulis gitu, kok.

credit


Coba cari waktu yang pas. Mood yang pas. Jodoh yang pas. Karna aku yakin lah kamu nggak akan bisa nulis pas lagi arisan keluarga. Saat bapak-bapak ngerokok, ibuibu ngerumpi, anak-anak petakilan. Siapa yang bisa nulis dalam keadaan begitu?

Showtime

Nah, kalo tadi buat persiapannya, disini aku mau ngasih tips biar tulisan kamu minimal enak dibaca. Nggak ngebosenin.

1.       Jujur

When you don’t know how to start your word, just be honest. Tulisan yang jujur, otomatis akan jadi tulisan yang asik. Ndak usahlah pencitraan. Pura-pura. Ndak jaman. Emang kamu mau punya jodoh yang pura-pura ganteng? Pura-pura sayang sama kamu?

Tulisan kamu akan jadi ajang eksploitasi pikiran dan perasaan. Apa yang nggak bisa kamu ungkapkan lewat ucapan, bisa dengan sempurna kamu ungkapkan lewat tulisan. Makanya percuma kalo tulisan kamu itu cuma pencitraan.

Kebanyakan orang yang tulisannya asik itu yang gaya nulisnya jujur. Sebut aja mbak Arum, mbak Nahla, mbakDyta, mbak Sherly, de el el. Aku menilai kalo tulisan mereka semua jujur, apa-adanya dan asik. Meskipun aku nggak tau juga, sih. Tapi kesan yang aku dapet ya kayak begitu.

Jadi, jujur ya!

2.       Jangan kaku

Kalo aku nemu blog atau cerita yang bahasanya kaku bin njlimet, biasanya langsung di ‘close tab’. Atauga Cuma scroll-scroll liatin gambarnya doang. Nah, bayangkan kalo tulisan kamu digituin. Di scroll-scroll aja.

Meskipun ada juga sih yang tulisannya enak dibaca tapi orang-orangnya aja yang males baca jadi Cuma di scroll-scroll aja. Orang kayak gininih yang malesin abis. Soalnya sering banget ya, di pos itu ditulis detail mencakup harga, shade, aroma, dll. Eh, tetep aja ada yang komen “harganya berapa, sis?” #sirambensin #lemparkorek

Pokoknya kamu bikin tulisan kamu semenarik dan sekreatif mungkin. Yang paling mudah sih dengan nambahin jokes. Tapi kalo kamu nggak bisa ngelucu, nggak usah dipaksain lah. Kalo nggak lucu kan malu-maluin diri sendiri. #kayakgue

Kalo kamu nggak bisa ngejokes, seenggaknya jangan serius-serius amatlah. Kayak mau ijab kabul aja serius-serius amat. Nyante ae lah.

3.       Writing style yang asik

Masih nyambung sama poin sebelumnya, writing style itu ngambil peran yang besar pada tulisan kamu. Kalo skill kamu itu otaknya, style kamu itu hatinya. Otak tanpa hati? Robot, dong!

Coba terapin writing style yang seru tapi kamu banget. Keluarin sisi unik dari kamu. Aku yakin setiap orang itu unik tapi mereka terlalu takut untuk keluar jalur. Ah, nggak asik banget ya orang-orang.

Coba bayangin kalo kamu itu adalah buku. Gimana kamu mau menjalani kisah-kisah kamu dan menyampaikannya dengan sebuat tulisan. Apakah kamu mau jadi tulisan yang monoton, serius, atau to the point? Apapun itu, coba diasikin.

Sedikit tambahan, inimah menurut aku pribadi, ya. Aku kurang suka gaya nulis yang sok bahagia gitu wkwk. Kayak che**yb*lle lagi manggung gitu. Terlalu banyak huruf vokal dan terlalu banyak emoticon. Dulu juga aku gaya nulisnya kayak gitu, kok. Tapi kesini-kesini tuh berasa kalo gaya kayak gitu tuh cukup annoying. Jadi perlahan-lahan mulai ditinggalkan.

Misalnya gini:

‘Haloooooooooo :3...... ketemu lagi nich samaa akuuuu hehehehehe \(‘v’)/ .... maaf yaaaaa aku udah lama nggak update blog ini huhuhuhu >,<... maklum lagi banyak pr dan tugaaas hehe :) :*’

Duh, girang banget mbak...

Tapi bisa ajasih kalo emang si penulisnya lagi girang beneran. Kita kan gatau. Yah, pokoknya mah coba nulis dengan gaya yang asik dan friendly. Apa-adanya, jujur dan jangan lebay. Sekali lagi, itu menurut aku. Kamu boleh banget punya pendapat yang beda.

4.       Paragrafnya gausah panjang-panjang

Nihya, aku kasih kamu contoh dari blog lama aku yang dosanya banyak banget. Ini ditulis sekitar 4 tahun lalu.




See? Satu pos isinya dua paragraf doang tapi satu paragraf panjangnya kayak jarak antara aku dan kamu *halah*

Males nggak bacanya? Males bangeeet.. ih saya mah mending close tab aja hehe. Makanya saran aku, kalo bisa paragraf tuh dipotong-potong aja. Jadiin singkat, padat, tapi menarik. Percuma kalo menarik tapi panjang banget. Kecuali kalo kamu lagi bikin novel dan satu paragrafnya sehalaman. Ah, tapi novel juga nggak selebay itu, kok.

Udah sih segitu aja. Nggak guna banget, yahahaha. Tapi menurut aku, poin-poin diatas penting buat menunjukan eksistensi kamu di dunia tulis-menulis. Kalo kamu bisa mendapatkan feel dalam menulis dan tulisan kamu khas, kamu bakal dikenang. Tulisan kamu juga susah buat diplagiat karena stylenya tuh udah ‘kamu banget’. Jadi sekalinya ada yang niruin, bakal langsung ketauan.

Oh iya, ini ada petuah dari Adhel yang kece-bong. Kalo kamu bisa dan berhasil menulis dengan bagus, nggak menutup kemungkinan bakal ada yang muji karya kamu. Please, stay humble. Pujian ada bukan untuk dinikmati, tapi untuk evaluasi. Jangan pernah puas. Karena saat kamu puas, kamu akan berhenti untuk belajar. Dan itu nggak baik.

credit


Udah ya, segitu aja. Semoga bermanfaat. Kalo enggak bermanfaat mohon dimaafin ya soalnya kalian udah baca panjang-panjang wkwk. Buat Aziz, aku tunggu blognya (kalo mau bikin). Entar aku follow jiz tenang ae. Lumayan di follow orang kece-bong macam Adhel B-) #pembacamulaiemosi

Warm Hugs,



Adhelia Fa

You Might Also Like

31 comments

  1. ahahahhaha deeeelll.... yang hebring kebanyakan emoticon itu iya banget annoying

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakan yakann.. nggak maksud nyindir tapi emang buat aku itu mengganggu estetika :))

      Delete
  2. Wkwkwkw ngakak bacanya,,emang tulisan kamu asyique,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehehe asyique darimana alay begini .-. thanks btw yaa;)

      Delete
  3. Baca, yes setuju. Gue sering baca wikipedia. Banyak yang bilang gue sok pintar, bukan sok pintar tapi emang beneran ino seru. Gue suka. Sama kaskus. Tiap hari ini mah.

    Date your words, setujuu lagi. Gue kalo nulis, gambar, atau ngerjain tugas berat, biasanya sekitar jam 1 tengah malam. Soalnya lagi sepi sepinya tuh.

    Writing style, ini agak susah. Kadang butuh waktu untuk tau gaya penulisan kita seperi apa. Gak bisa langsung Nemu

    Paragraf panjang gue setuju. Untuk pemula sebaiknya ambil aman aja. Gue juga. Tapi kalo udah sekelas radityadika dika, shitlicious, etc, yang tulisannya emang bagus, panjang panjang juga Gapapa. Toh emang tulisannya menarik.

    "Membaca membuat kita mengenal dunia. Menulis membuat kita dikenal dunia," anonymous, gak tau siapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha bener banget gan! bukan sulit lagi tapi mustahil menulis tanpa membaca. buat nulis malem malem itu entah kenapa kebanyakan penulis kayak begitu. kudu sepi dan sendirian. soalnya inspirasi datengnya pas waktu kayak begitu hehe

      makanya kudu banyak baca biar dapet inspirasi dan jati diri menulis kitaaa

      thanks for coming ^^

      Delete
  4. Adhell asyique banget tips2nyaaaaa..
    aku ngaku sering susah bikin joke kalo lg nulis post in English >_< hadeh susahnya kayak ga bs ngalir gt wkwk. Nulis memang sgt dipengaruhi oleh mood sih, kalo lg dapet inspirasi joke baru bisa, tp aku sih orangnya ga bs bikin joke yg kyk gmn2 gt, jatuhnya nanti malah garing -_-a

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik ada ce shelvii :3

      that's why aku hijrah ke Indonesia hahahaha. aku juga kurang ekspresif kalo pakai inggris. mungkin karna aku bukan native haha. ndak papa yang penting jangan galak galak ce Shel^^

      Delete
  5. Gw gak bisa ngelucu Dhel d postingan blog. Garing sumpah -,- gw bisanya sharing2 gak jelas terus ngebaper.
    biarin je lahh.
    Yg penting jujur apa adanya.

    Iya,malesin bgt orang nulis bnyak emoticon ny itu. Terutama yg emoticon hidup, itu loh yg kadang kalo love,love ny bs jd warna warni,terus ada peri2 gtu. Gak tau nama e.
    Bikin berat ngeloading blog ny. Aku biasa ny lngsung close tab kalo gtu.

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi aku suka tulisan kamu rin. sesuai umur. khas anak muda banget. ngakak gak sih aku bilang begini saat kitavseumuran wahahah

      ih iya banget-,- maksudnya apasih aku juga nggak ngerti. bikin lemot loading dan kadang kalo yang kerlap kerlip gitu afak bikin sakit mata

      Delete
  6. Moga aja tips diatas bisa membantu aku untuk menulis lebih konsisten lagi pada blog hehe

    thanks before :)

    ReplyDelete
  7. Adhel ih anakku sudah dewasa yaa :') . Makasih adhel tipsnya. Aku pengen asyique kaya kamu soalnya

    Skilled-daydreamer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mamahku:')

      kamu yakin aku asyique?

      Delete
  8. Adhel.. aku udah follow back blog kamu dari kemarin ya.. Kita samaan loh. Aku lebih suka nulis blog kalau keadaan rumah lagi tenang. Kalo bisa sih sunyi biar fokus dan moodnya keluar untuk nulis.hehehe..

    http://www.aloha-bebe.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kak belii telimikicii :3

      aku juga tos tosss. apalagi masalah mood. meskipun sepi, banyak waktu tapi kalo mood nggak bagus, krliatan banget sama tulisannya

      Delete
  9. dan aku masih kaku bahasa aku masih belibet apa lagi kalo lagi ga mood tapi maksain nulis pfff makin ga jelas aja isi tulisan
    emot yang sooo bling-bling itu juga ganggu banget-_-

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tapi enjoy enjoy ajaloo baca blog isthi:3 kan tiap orang punya ciri khasnya sendirii wehehehe..

      Delete
  10. paling enggak bisa nulis joke hikss, padahal suka seru sendiri waktu baca blog yang diselipin becandaan gitu.. memang engga bakat bikin humor nih aku >_<
    jadilah tulisan yg kesannya serius and to the point selama ini..wkwkkw
    aku juga sering keganggu banget sama tulisan blog yang banyak emoticonnya, dikira sms kali yah hihi tapiii kalau tulisannya bagus sih dy mau pake emoticon aneh2 jg tetep aku baca..hahhaa


    ♥ Pinastika Beauty Blog ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak pake jokes juga blog kak dewie mah udah di bookmark khalayak banyak wkwk

      nah masalahnya bagus tiap orang kan beda bedaa hehe

      Delete
  11. Kalo nulis nama aku di hati si Doi gimana caranya mba? :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tuh si doi? Ajarin gitar dulu ntar dikasi tau wkw

      Delete
  12. Ya ampun ini aku baca tips kenapa sambil ngakak -_- apalagi pas bagian kaya jarak antara aku dan kamu wkwkkkk
    Makasih tipsnya, kayanya aku perlu banyak latihan lagi nih karena ga bisa nulis santai, kayanya aku kalau baca tulisanku sendiri sering ngerasa terlalu kaku haha.

    www.elainecandra.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. asli loh mbak jarang antar aku dan dia emang panjang wahahaha... malah curhat-_-

      siap^^ semua orang punya keunikan masing-masing kok ayo tetep semangat!

      Delete
  13. Keren tips nya. dan tulisan kamu memang asyique. kalo tulisanku masih kaku-kaku kaya jarang olahraga, semoga bisa se-asyique ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... mbak akutuh anak alay bukan anak asyique wkwk

      Delete
  14. Asik ada nama akunya euy, hehe. Iyalah kapan kapan mau bikin blog ah biar bisa tutulisan kaya mba adhel wkwk

    ReplyDelete
  15. Mba bantuin bikin surat cinta mba

    ReplyDelete
  16. Guweh suka gaya eloh dhel.. Asik dan jokes-nya khas kamu banget. Style tulisan kamu ini mengingatkan aku ama haloterong.com :D

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe