Makeup Nggak Jelas

5:09 PM

Halo Gengs....

Kita ngobrol syantique, yuk. Nggak usah jauh-jauh, seputar makeup aja. Itung-itung menemani jam-jam terakhirku sebelum masuk kuliah. Iya, besok aku masuk. #nangisnggakrela

Ngomongin makeup palsu/KW/replika tuh nggak ada habisnya. Anehnya nih, makeup kayak gitutuh masih aja sliweran dimana-mana. Masih beredar. Jangankan beredar, aku aja heran kenapa masih diproduksi. Kalo masih diproduksi, berarti masih dibeli, kan? Berarti barangnya laku, dong? Dari fakta ini, aku menyimpulkan kalo masih banyak banget yang awam sama kayak beginian.





Tahun lalu, aku ingat pas aku sama Elva main ke Bandung Indah Plaza. Kita tadinya mau ke Stroberi. Aku pengen cari lipstick Just Miss soalnya di toko lain shadenya nggak lengkap. Tapi sayangnya, si Stroberi ini lagi dalam masa pembangunankonsep baru. Akhirnya aku Cuma muter-muter di BIP, makan dan ngeliat-ngeliat baju (iya, ngeliat doang).

Sampai aku rasanya ingin masuk ke salah satu toko aksesoris yang hampir sama eksisnya kayak Stroberi. Dan kalian tau aku nemu apa? Jengjengjengjeng...

Ladies and Gentlemen, I present you the new released Urban Decay Naked4~ *pffftt*



Ngakak nggak sih? Akuma ngakak agak miris gitu. Karna aku aware dengan makeup pelsong kayak begini, makanya aku anggap ini lucu. Aku diem-diem ambil HP dan foto ini. Untungnya si mbak-mbaknya nggak ngeliatin wkwk. Di rak yang sebelah sana sebenernya ada lagi makeup palsu, tapi aku nggak sempet foto.

Kalo kalian sadar akan fake makeup begini, pasti tau dong toko aksesoris yang namanya Heart****r ? Aku berani katakan kalo 90% makeup yang mereka jual itu palsu. 10%nya aga-jaga kalo ternyata disana emang ada makeup asli jadi aku nggak dituntut:D(walaupun aku emang ga pernah liat yang sepertinya asli sih).Aku bahkan dulu pernah beli OPI Nail Polish seharga IDR7500 disana. Itu dulu banget pas aku nggak ngerti beginian.

Aku khawatir banget sama fenomena makeup dan skincare palsu atau abal-abal di sekitar kita. Kadang ingin negur langsung. Tapi bukannya sadar, kadang orang yang ditegur itu malah tersinggung dan marah-marah. Aku kudu piye?

Satu kasus lagi yang aku pernah lihat di salah satu penjual krim gajebo di facebook.

Jadi ada salah satu calon pembeli yang bertanya pada mereka 
“Krim ini aman nggak ya buat ibu hamil?” 
Lalu si penjual menjawab.
 “krim kita menggunakan bahan alami dan natural, mom. Jadi aman digunakan pada ibu hamil”

WHAT??

 Mengapa engkau kejam sekali wahai admin?? Krim gajebo itu kalo dipakai oleh orang non hamil pun udah bahaya, apalagi dipake oleh ibu yang sedang hamil? Coba main deh ke postnya ce Shelvi. Ada satu screenshoot kasus ibu hamil yang anaknya lahir prematur gara-gara sang ibu memakai krim gajebo pada masa kehamilan.

Please deh ciwi-ciwi, be a smart buyer. Aku gemes banget kalo liat ada orang-orang di sekitar aku yang masih pakai produk palsu. Nggak usah jauh jauh deh. Mamaku dan Elva adalah orang-orang yang pernah mengalaminya.

Mamaku itu dulu pernah pake krim pemutih gajelas. Memang sih, wajahnya katanya jadi putih mulus gitu. Tapi pas berhenti, katanya sampe kaya ular. Ngelupas dan merah + bercak-bercak gitu. Biaya pemuliahan kulitnya pun berkali lipat dari biaya si krim pemutih gajelas itu. Sekarang mamaku jadi agak parno sama krim-krim kayak begitu. Mamaku Cuma mau pake produk Wardah.

Kalau Elva, lain lagi. Pernah sekali pas aku nginep di rumah Elva dan aku liat-liat meja riasnya, aku menemukan blusher MAC yang isinya 3.

Aku malu, geng.

Aku merasa gagal sebagai orang yang kerjaannya ngomongin makeup terus. Nyatanya temen aku masih punya produk gajelas. Jangankan liat mereknya, liat kualitasnya aja udah ketauan banget kalo itutuh produk gajelas. Daripada blusher, aku lebih suka bilang itu kapur warna yang bentuknya bulet. Baunya juga, ughh... Aku nggak yakin apa MAC punya blusher 3 warna gitu. Setau aku mereka emang punya blush palette. Tell me if you know..

Buat pembaca semua, aku pengen ajak semuanya buat lebih aware sama produk yang ada di sekeliling kita. Aku tau pasti udah banyaklah yang tau tentang keberadaan produk gajelas begini. Tapi masih banyak juga lo yang belum tau. Banyak banget malah. Apalagi buat mereka yang malas membaca. Lah wong di olshop aja, aku sering liat banyak yang nanya 'berapa harganya, sis?' padahal harganya udah ada di caption-___- plis deh.

Membaca nggak harus buku kok kalo kamu emang nggak suka pegang buku. Kamu bisa baca artikel, berita, dll. Kan sekarang banyak tuh berita BPOM menyeret kosmetik gajelas dan tanpa izin edar. Tapi nyatanya masih banyak juga yang pake. Nah, itukan jadi pertanyaan juga. Jadi siapa yang salah? Penjual atau Konsumen?

Terus karena tuntutan lifestyle yang tinggi, banyak orang yang main asal beli kosmetik palsu dengan label high end. Yang penting gaya dengan makeup branded. Plis deh, guys. Cantik tuh nggak harus pakai kosmetik branded kok. Cantik nggak usah ngotot. Maaf kalo bahasa aku agak ngeselin. But you know la, kesehatan itu lebih penting dari apapun. Memangnya kalian mau kelihatan gahol nenteng nenteng UD Naked3 palsu dan masuk rumah sakit pas tua gara-gara ada zat berbahaya terserap tubuh? Amit-amit, kan?

Kalau memang sayang buat keluarin banyak uang untuk kosmetik dan skincare branded, mending beralih ke produk lokal. Daripada pake kosmetik dan skincare gajelas dan berbahaya, banyak kok kosmetik dan skincare lokal yang ramah di kantong dan yang jelas aman. Kualitasnya nggak kalah sama produk high-end kok buktiin aja.

“Produk lokal kan jelek”
Kata siapa hellowww?? Produk lokal jaman sekarang tuh kualitasnya keren-keren kali. Coba deh stalk blog aku dan kalian bakal tau betapa cintanya aku sama produk lokal.

“Kemasannya nggak asik”
 Banyak kok yang kemasannya udah enak dilihat sekarang. Main deh ke storenya Emina. Menurutku 11/12 sama Etude House, tuh. Beauty Story jugak unyu abis. Atau kalo mau yang lebih profesional, bisa cek Mineral Botanica dan Make Over.



Jadi intinya geng, yang bisa menghindarkan kita dari produk-produk berbahaya itu kita sendiri. Dan jangan lupa budayakan membaca, ya. Kalo ada berita diikuti, kalo ada artikel-artikel yang berguna itu dipahami. Itu semua demi kebaikan kita sendiri. Kalo kamu termasuk orang yang sudah sadar akan fenomena ini, apa salahnya sharing ke orang sekitar yang sekiranya belum tau. Masalah dia tersinggung atau enggak, ya itumah urusan belakangan. Yang penting sebarkanlah kebenaran walau hanya satu ayat^^

Let’s be a smart woman!!

Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

34 comments

  1. Makeup Indonesia sudah bagus-bagus, dan daripada alasan makeup Indonesia jelek, kualitas makeup palsu lebih jelek.
    Aku juga bingung nih, temenku udah tau palsu masih dibeli juga, trus ngomong "kamu takut ta? kalau aku sih gak takut jadi pake aja". Sedih dengernya :(

    limlimzi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. #kamitidaktakut
      wkwkwk... alasennya keren banget ya karna doa nggak takut wkwk.
      mungkin dia kind of wonder woman:))))

      Delete
  2. duuhh indonesia memang susah banget kalo udah masalah begini :(
    gacuma make up sekarang segala galanya kawe gitu yaaa
    sodara aku yang dari luar pernah main kesini, diajak ke salah satu debt store dia ketawa tawa karena barang barangnya palsu dan dia pertama kali liat barang palsu bertebaran hahah

    crispypandabear.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. duhh maluuuu:((((( padahal kan yang bikinnya cina tapi indonesia kena jugak:"'(((

      Delete
  3. susah ngilangin kebiasaan pingin barang branded dengan harga murah. kosmetik palsu yg sering aku temui dipake sama temen aku itu kebanyakan yg UD naked (eyeshadow & brushes) sama MAC. MAC nya itu yg eyeshadow pallette kaya coastal scents gitu. padahal daripada beli fake nya mending beli dupe nya kan. daaaan sama juga, mau ngingetin mereka tapi takut dikira gimana2 orz

    dear-utopia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang soalnya yang banyak dipelsongin tuh ud sama mac wkwkwk. masa aku liat maskara naked 10rb-___________-
      bener banget:') seenggaknya dupe tuh jelas darimana mananya, berlisensi. makasih udah mampir:)

      Delete
    2. iya emang soalnya yang banyak dipelsongin tuh ud sama mac wkwkwk. masa aku liat maskara naked 10rb-___________-
      bener banget:') seenggaknya dupe tuh jelas darimana mananya, berlisensi. makasih udah mampir:)

      Delete
  4. Iya, bener Del. Aku kadang suka ngerasa lucu kalo yang jual makeup geje tapi si penjual dengan sangat yakin bilang itu asli dan aman. WHAT??

    Aku suka koar-koar ke temen tentang produk lokal yang aman dan murah. Kan emang betul seperti katamu, cantik gak usah ngotot. Nggak usah bangga bawa-bawa poduk high end brand tapi palsu. Ewwwwww~~

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka begitu... suka nguliahin temen, "ngapain si kamu beli "nyx" 30rebu wkwk banyak lipstick lokal yang 20 rebuan tapi bagus" :)

      Delete
  5. Doh iya banget mbak, di moll banyak yg jualan make up palsu, mungkin kurang search masalah make up palsu kali yaa..

    Wardah, viva, sari ayu juga bagus, apah lagi lipstik purbasari lagi hits kan bagus merk lokal lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gatau emamg si sellernya sengaja jual atau emang gatau tentang makeup palsu. soalnya aku suka denger mereka ngomongin highlighter merek luat gitu. seharusnya mereka tauk dong yha:D

      Delete
  6. Kadang lelah juga ya liat kosmetik nggak jelas. Rasanya ingin ngeduruk
    anarkis anaknya tuh emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo diduruk, makeup nggak jelasnya rusak, terus kita suruh bayar rin.

      Delete
  7. Bener banget. Sekarang mah brand lokal udah keren- keren, kaya Make Over misalnya. Bangga dong mestinya pake produk negara sendiri.

    Baca review terbaru Make Over liquid foundation di blog-ku yaa
    eprikaadhitya.blogspot.com
    :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka tuh sama make over<3 makasih udah mampirrr

      Delete
  8. Absolutely agree with you dear..
    Aku juga sering ngingatin temen2 ku buat aware sama produk kosmetik abal2, tapi ya gitu terkadang suka dicuekin, huff.. :(

    kalau duitnya gak cukup buat beli kosmetik import high end or drugstore, mending beli yang lokal aja, emang mesti pilah pilih sih, tapi gak apa kan yang penting ASLI !!
    Kalau emang kepengen banget beli kosmetik import, mending nabung dulu deh, daripada beli import abal2.. :)

    By the way,definitely become your new follower
    Nice blog, interesting content and honest opinion
    So inspiring me, keep going and best of luck :)

    http://indah-write.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin yang penting udah bicara hahahahahaha........

      makasiihh.. u have a nice blog as well^^ followed back ya;)

      Delete
  9. Aku sering liat makeup abal2 yg dijual dngn harga yg ga beda jauh sama harga merk aslinya lho =_= packagingnya aja kretek-kretek pas dibuka.. cih!

    Suika-lovers.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. lohloh sebel amat harganya gabeda jauh-,-

      Delete
  10. Aku salah satu yang pernah make produk abal - abal dulu, jaman ilmu masih cetek. Sekarang nyesel banget, mukaku ada flek-nya. :(

    Sekarang sih lagi masa benerin, flek-nya udah mulai menipis. Enggak deh buat beli krim wallet, susu domba, krim syahrini apa lah lah lagi namanya itu.

    Produk lokal sekarang memang oke - oke banget, tapi jangan lupa aware. Temen aku nemu viva night cream yg palsu di pasaran yang bau dan teksturnya beda sama yg aku beli di web viva langsung. Daripada kenapa - kenapa, aku suruh temenku buang aja. Itu produk padahal gak nyampe 15ribu loh, ada aja yg malsuin. :(


    iamvinaeska.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asli dipalsuin?? kok ada ya yang malsuin viva (ya secara kan dia udah murah). Atau mungkin aja itu viva asli tapi udah gak layak konsumsi lagi. mungkin terlalu lama mengendap di toko. mungkin.

      Delete
    2. Ada sis, ponds mu banyak di pasar. Makanya aku lebih nyaman belanja langsung ke webstore-nya.

      Delete
  11. ya ampuunn. yang beginian emang bikin greget kok. soalnya adeku sendiri juga susah dikasih tau. setelah 8 bulan perjuanganku (plus pake relain duit beberapa ratus ribu buat beliin dia skincare) sambil maksa-maksa dan akhirnya dia mau beralih walopun masa BO tuh dia kekeuh mo balik ke abal2 tapi akhirnya kulitnya membaik dan dia lebih suka. kalau inget jadi gemes sama orang2 yang ngejar duit pake acara ngrusak kulit orang begitu. huhuhu.. sungguh mereka tak punya hati nurani!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh gemes abisss..... kalo ketemu pengen tak kruwek wkwk. adekmu pernah pake juga to?? syukur kalo udah kembali ke jalan yang benar:D

      Delete
  12. Iyaaaa masih banyak yang suka beli. Bahkan komunitas teaterku msh suka beli makeup yang palsu2. Aku udah sering tegur tapi masih dibeli juga :((( syg sih bukan aku yg bagian belanjain makeup wkwkwk.

    Temen2ku juga masih banyak yang ngeremehin kualitas makeup lokal. Padahal belom nyobain tapi udah ngejudge kalau produk2 lokal jelek2 wkwkwk xD

    Btw tulisannya bagus. Menyadarkan yang masih belajar makeup :)

    http://magellanictivity.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. pas SMA pun, ekskul teater di sekolahku banyak yang pake makeup palsu. Soalnya mungkin budget dikit dan harus punya eyeshadow warna warni, blush on warna warni juga. Jadi jatohnya beli yang sepalet "mac" gak jelaa itu:(

      makasiihhh dan makasih juga udah mampiir^^

      Delete
  13. Iyaaaa masih banyak yang suka beli. Bahkan komunitas teaterku msh suka beli makeup yang palsu2. Aku udah sering tegur tapi masih dibeli juga :((( syg sih bukan aku yg bagian belanjain makeup wkwkwk.

    Temen2ku juga masih banyak yang ngeremehin kualitas makeup lokal. Padahal belom nyobain tapi udah ngejudge kalau produk2 lokal jelek2 wkwkwk xD

    Btw tulisannya bagus. Menyadarkan yang masih belajar makeup :)

    http://magellanictivity.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Duh, aku juga prihatin sama cewek-cewek yg masih pertahanin gengsinya dgn beli makeup palsu gitu :(

    kebanyakan mereka ngga ngerti sih kenapa harus beli makeup asli, toh makeup palsu gt harganya murah bgt. padahal kan kita ngga tau tuh makeup palsu dibikinnya pake apa dan gmn :( sedihh *kemudian baper*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai dindaa^^ nah ituu.. bahan dasarnya kan gatau apaan. kan kayak peearna rodhamin b itu bahaya banget. prihatin tapi gimana yaa.. satu orang yg beropini ga akan cukup hehe

      Delete
  15. Duuuhhh suka gemes deh sama yg masih pake makeup gaje kaya gini. Yang aku tau sih mereka biar dibilang keren aja pakenya branded makeup, tapi jelas-jelas palsu XD mungkin pikiran mereka produk lokal itu gak ada apa-apanya, jadi mending beli yg abal-abal kaya gitu. dibilang itu abal malah ngeyel loh :')

    mineisdreamers.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. pengalaman pribadi gw ya sama skincare gajebo, gw gara-gara liat tante gw mukanya mulus gw kepo dong trus tanya pake apa? dia bilang pake perawatan tabitha. ok trus akhirnya gw order and it ain't cheap girlfriend harga 1 setnya 850rb. setelah pake kira-kira seminggu gw curiga karena there is obviously something wrong with this product karena dari tekstur, bau dan after appliance efeknya aneh. akhirnya gw google dan jreeeeeeeng! taulah itu krim mercury dan HQ. baru jalan 2 minggu (karena sambil cari info gw tetep make juga) gw buang itu produk (huhuhuhuhu hilanglah duit gw). gw kasih tau tante gw dan dia ga percaya, hanya gw kekeuh banget dan akhirnya berhasil meyakinkan dia. so menurut gw sih ya sebagai pemakai kita kudu kritis (cek review, cek ingridients, cek BPOM, dll) dan nalar harus jalan jangan sampe karena kepingin muka bagus tetep dihajar walaupun curiga. nah semenjak itu gw selalu beli yang branded (bukan ber-merk mahal ya), branded dalam arti ada BPOM dan jelas dari perusahaan apa. inget kesehatan lebih penting daripada muka cling girls...itu aja sih pengen sharing. good writing by the way from such a young writer :)

    ReplyDelete
  17. Aku pernah nih ngobrol ama temen, soal eyeshadow, aku bilang aku pakai naked 3, dia bilang dia juga pakai, terus dia nanya aku beli harganya berapa, ya aku jawab dunk 800ribu, lah emangnya beli segitu. Dia kaget, katanya mahal banget, dia beli cuma 50ribu. Okeh, 50ribu ini sesuatu sekali, dan waktu aku kesana buat lihat, lah ternyata palsu. Dan walaupun dia sudah tau itu palsu, tetep aja dipakai sampai sekarang

    Well, suka2 orang lah ya, aku tipe yang gak mau ambil pusing urusan orang lain, cukup aku bilang itu palsu, udah selesai. Orangnya masih mau tetep pakai ya sudah~

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  18. Kadang yg aspal itu susah ngebedain dgn yg asli, apa
    Lagi kayak aku dulu, ilmunya masih se teko air. Aduh nih muka ampe kayak kulit buaya. Timbul flek, jerawat,duh pokoknya gak banget. Proses perawatanya lama dan gak murah. Sekarang lebih aman ke outlet nya langsung, jangan sampai dapet yg aspal.

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe