Adhel On Youtube + Magang Selesai (Edisi Curhat)

2:12 AM

Banyak banget yang membuat aku seneng akhir-akhir ini. Meskipun yang bikin kecewa juga banyak, tapi yaudahlah yang udah-udah mah biarin aja wkwk.

Pertama, aku gajian. Gaji dari blog, dari magang, pokoe asoy lah. Ini penting, bok. Duit makes me happy. Saldo rekeningku sekarang udah agak bisa senyum dikit lah ndak kayak dulu. Yah nggak banyak, sih. Cukup buat beli ciki, lah. Lalu viewers aku tembus 6000/hari. PA dan DA ku naik + Alexa Rank-ku mengecil. Emang sih masih cupu tapi kalo lihat awal tahun yang nggak nyampe 1000, rasanya aku terharu.

Sek tak sujud syukur dulu.



Ketiga, aku baru aja selesai ngapload video pertamaku di yutup. Keempat, minggu depan aku mau nikah.

.
.
.



Yang keempat bercanda, gais.

Sekarang aku mau bahas yang pertama dulu. Soal magang bukan soal duitnya. Kebetulan magang aku baru aja selesai. Ditutup dengan 2 artikel yang aku submitnya ngaret (tapi udah ijin ibuk editor dulu). Buat kalian yang kepo (tapi ngapain juga sih ngepoin Adhel) aku magang di Gogirl! Magazine. Bukan di bagian majalahnya kok, tapi di bagian web dan instagramnya. Jadi tiap minggu itu, aku harus bikin 1 artikel dengan 5 foto + 5 foto tambahan buat instagramnya.

Banyak banget yang aku pelajari selama magang disini. Mulai dari gimana cara nulis yang baik biar nggak keliatan kayak 'menggurui' dan 'songong' yang memang penting banget. Aku jauh lebih suka gaya nulis yang ngerendah tapi tetep keliatan intelligence at the same time daripada blaguk blaguk nggak jelas. Yah meskipun yang nulis lebih jago but that's not the point, kan? Gua baca tulisan elo buat nambah ilmu bukan buat ngeliatin lo pamer.



Lalu gimana memahami isi feed si Gogirl! yang cenderung clean dan chic. Kayaknya, aku bakal cerita panjang lebar tinggi mengenai magang ini di lain pos. Pokoknya magang ini agak menyita waktuku. Nggak menyita banget, sih. Tidur masih lebih menyita lagi. Tapi ya karena aku itu anaknya 'nggak akan ngerjain sebelum H-1 deadline' jadinya aku ngerasa agak capek aja. Tapi magang di Gogirl! feenya termasuk lumayan loh mengingat masuknya kan ke content writer dan kalo aku nulis content di web lain, bayarannya jauh dibawah itu.

Efek magang ini, aku jadi agak setress. Soalnya aku dikasih channel yang aku ndak begitu 'WOW' gitu. Aku dikasih channel boys dan OMG cowok bukan obsesi utama gue. Palette-palettenya Too Faced masih lebih membuat hati ni berdesir. Jadi yang aku lakukan, aku riset. Ngubek-ngubek web lain. Nanya-nanya ke temen cowok juga. Mungkin kalo aku dikasih channel beauty, aku bakal 'OH YES LEMME DO DIS SHIT' tapi sayangnya, aku dipercayakan untuk memegang channel boys.

Aku lebih deg-degan ketemu mereka daripada ketemu kamu cr: @toocafed


Aku jadi agak mikir sih apa aku terlihat seperti sangat mengerti dunia lelaki? Apakah itu sebabnya beberapa cowok bilang aku mengerikan? (ini sumpah temen kampusku ada yang bilang aku 'mengerikan' dan aku nggak tau maksudnya apa...)

Yang kedua, buat viewers, aku mau bilang makasih sebanyak banyak banyak banyaknya buat readers dan mungkin ini kedengaran murahan, tapi pageviews adalah salah satu hal yang bikin aku semangat blogging. Nomor 1 passion terus nomor 2 nya pageviews. Aku merasa gelik gelik terharu gitu. Matur suwun, njih

Sekarang yang ketiga. Ini bakalan panjang jadi siapin ciki ya.

Pertama, masalah syuting. Aku syuting buat video yang sekarang itu sampe diulang 4 kali. Karna aku first timer dan amatiran banget, jadi banyak fail-nya. Mulai dari muka aku yang keliatan penyak-penyok (yah itusih emang muka gue nggak videoable), lalu video yang ntah kenapa, blur. Lalu lighting yang pas tengah-tengah, ilang. Btw, lighting aku itu pake batre. Nah yang keselnya, pas aku lagi syuting enak-enak, batrenya abis. Kan kampret. Akhirnya yang keempat kali, aku syuting pake cahaya Illahi a.k.a Matahari dan ternyata hasilnya nggak jelek meskipun kurang cetar juga.

Lalu aku stuck di editing. Aku bukan anak IT atau apalah apalah yang urusannya sama kompi makanya aku pas dikasih software bakalan mati kutu. Kayaknya aku ngerti kenapa banyak beauty vlogger, pacarnya adalah anak yang ngerti software. Setali tiga uang gitu. Sekalian pacaran, sekalian jadi tukang edit. Keknya asik juga tuh pacaran sama anak yang ngerti kompi. Abis bikin video, lempar kedia wkwkw.

Oke lanjut. Dulu pas SMA, aku pernah ngedit video inggris aku pakek VideoPad dan aku sangat merekomendasikan aplikasi itu buat kalian yang buta sama aplikasi edit video. Pokoknya, jangan sekali-kali kamu sentuh Adobe Premier ato besoknya kamu bakal masuk angin.

VideoPad ini, fiturnya cetek banget. Cuman bisa trim, ngasih transisi, ngatur sound, ngasih teks, ngasih blank space, ngasih voice over, udah. Serius itu doang. Dia nggak bisa slow motion, ngasih stiker ucul, ngasih filter kece. Makanya aku sangat yakin, VideoPad nggak akan memenuhi standar estetikaku yang kalo ngedit  sesuatu itu harus hebring.

Akhirnya aku download beberapa aplikasi. Buat iPad, donlot aplikasi Vont dan FilmoraGo. Simply bikos iMovie harganya mahal... Terus buat Hp (android) aku donlot InShot dan VideoShop. Vivavideo asik juga tuh tapi dia kalo yang free ada watermarknya. Aku belom sempet beli yang premium jadi aku stuck di Videoshop aja. Semua aplikasi itu kece loh. Setidaknya sedikit memenuhi hasrat estetikaku. Terus mereka mendukung kualitas HD jadi nggak bikin videoku jadi lebih runyek. Recommended!

Terus masuk ke editing, sebenernya ndak setress setress amat. Cuma kudu sabar emang. Nge cut-cutnya itulo haduh mas.. adek pingsyan. Kalo udah dicut sih tinggal susun susun aja berez. Aku ngedit video 5 menit itu seharian. Nggak di depan laptop terus, sih. Ada jalan-jalannya, makan, dan nonton Taphki juga. Pokoknya aku nggak terlalu masalah sama proses ngedit benerannya. Mungkin karena aplikasinya sederhana kali ya? Aku nggak bisa melakukan apa-apa sama brightness dan temen-temennya karena nggak ada fiturnya. Serius nih keknya harus nyogok tukang edit video.

Lalu beres editing, proses dari sini gampang banget. Tinggal aplod terus jadi deeehhh.

Satu hal yang aku pertimbangkan saat ngaplod videonya adalah, DUNIA AKAN TAU BARE FACE GUEEE!!!!! itulah kenapa aku nyesel sekarang. Kenapa aku bikin video tutorial?? kenapaahh??



Bare face itu sakral banget buat aku. I swear by God aku belum pernah tunjukin bare face aku di blog atau instagram. Bahkan ngampus pun nggak pernah. Bare face itu sesuatu yang intim (?) buatku wkwkwk. Dan apa kata Park Bo Gum nanti kalo dia liat bare face aku yang kayak mbok mbok jamu itu? Nanti dia nggak jadi ngawinin aku minggu depan!! Tidaak!!

Tapi aku belajar buat menerima muka aku apa-adanya (Ini ngenes banget sih bahasa gue). Aku udah nerima sih muka polos aku emang ngejijik'in. Yang aku galauin itu gimana reaksi kalian yang nonton wkwk. Kesehatan kalian adalah hal yang harus kalian jaga baik-baik. Apalagi kesehatan mata.

p.s. : Aku baru liat kalo ada putih-putih di kulit kepala. Itu bukan ketombe guys itu bedak wkwk. Jadi pas syuting, rambut aku lepek dan aku kasih bedak bayi buat nyerap minyaknya. This is little beauty hack I love tapi ya gitu... kalo nggak bener ngeblendnya, bakal kayak begitu wkwkwk #maafkanaku

Oke, mungkin segitu aja curhatan aku. Silahkan kalian liat videonya disini. Makasih buat yang udah baca. Yang cuma scroll-scroll aja juga makasih hehe. I'll se you guys on my next post~ (ngomongnya ala-ala yutup)

.
.
.



Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

3 comments

  1. Adhel kinclong banget kulitnya *.* tanpa noda gitu terus suaranya sekksseehhh. Love love dhel.

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. wiiiww adheeel akhirnya buat video yutubb :DD
    kemarin2 pas bilang ada rencana mau buat chenel yutub aku nungguin looo #eaaa

    Syelamaattt

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe