Cara Foto Flatlay Pake Handphone + Swatch Lip Stain Face2Face

12:56 AM

Jadi foto-foto buat post inituh udah diedit dari .. sekian juta tahun yang lalu. Seriusan gaes, w lupa w pernah dateng ke event ini dan belum ngepost event report! Maafkan aku face 2 face! Maafkan akuh!

Aku tuh anaknya gitu. Kadang kalo udah foto-foto, ngerasa tugas udah selesai padahal belom:" Jadi marilah kita berdoa semoga Adhel cepet tobat. Tobat kau Adhel, tobat!



Beberpa bulan lalu *choke* aku menghadiri event face2face di Hotel Luxton Dago. Teman event mereka di Bandung adalah 'Smartphone Photography'. Honestly aku semangat banget ikutan event ini soalnya pasti bakal berguna banget buat blogger. Meskipun banyak banget blogger sekarang yang udah punya kamera canggih, tapi buat blogger yang baru mulai, pasti nggak menganggarkan dana untuk kamera yang notabene cuma dipake ngeblog aja.

Dulu aku juga gitu gaes. Pokoknya dulu aku punya HP 5 MP aja senengnya naujubilah. Seseneng itu sampe setiap hari foto produk buat blog haha. Sekarang giliran pakek kamera, akunya males-malesan. Hidup manusia memang gitu gaes. Nggak tau malu.

Produk-produk Face2Face

Lipsticknya XD


Tapi poto-poto pake hengpon tuh ya... nggak bisa berkespektasi banyak. Hengpon bukan kamera DSLR. Tapi itu dulu! Sekarang, malahan banyak hengpon yang kualitas kameranya lebih bagus dari pocket camera. Sebut saja iphone dan oppo. Samsung juga. Tapi samsung tuh gimana gituya kalo buat selfie. Secara doi HD banget sampe pori-pori kelihatan. Aku ingin kamera jernih tapi mbok ya pori-porinya jangan diperjelas jugak T_T

Di event face2face ini, kita diajarin gimana caranya ngambil foto yang baik dan jernih ulala pake henpon. BTW, henpon aku itu xiaomi redmi3. Dapet gratisan dari lomba tahun lalu. Kameranya menurutku lumayan kalo buat pemandangan. Tapi hasilnya tuh suka terlalu soft dan kurang tajem. Menye-menye gitulo. Jadi aku kurang suka buat foto produk. Tapi karena workshop ini terpaksa menggunakan henpon, yowislah.

Jadi gimana nih caranya ambil foto ciamik pake henpon?

1. Siapin cahaya. Ininih yang penting dari segala bentuk macam fotografi. Even kamera DSLR pun kalo foto di tempat remang-remang, hasilnya bakal kayak kamera VGA. Makanya penting banget buat punya cahaya yang bagus. Jadi wajar kan kalo para beauty vlogger itu pake ringlight yang harganya jutaan. Memang cahaya yang bagus itu, sangat diperlukan geng.

Kamu nggak usah punya ringlight kok. Cukup luangkan waktu di pagi atau sore hari. Aku sih sukanya pagi jam 8 gitu. Kalo sore tuh cahayanya terlalu golden buat foto produk. Cocoknya buat pjhotoshoot. Jadi cahaya pagi is puff-fect. Gratis. Cuma perlu bangun pagi-pagi aja.

2. Alas yang bersih. Bersih nggak harus putih. Warna alas foto bisa disesuaikan dengan warna produk yang mau kamu jepret. Kalo produknya putih, kan nggak mungkin yha pakek alas putih. Bisa pake warna yang lebih gelap seperti warna abu-abu.

Pokoknya buatlah background itu clean. Jangan terlalu bermotif karena pusing shay. Personally, aku nggak ngerti kenapa ada orang yang pake background rame buat foto. It just... doesn't make sense... Plis gaes. Hindari background bermotif ramai. Kalau mau bermotif, cari yang tenang motifnya kayak kayu, marmer, batu bata, dkk.


3. Properti. Ini opsional, tapi kalo kamu punya properti yang nyambung sama produknya, bakal nambah estetika si produk. Personally aku nggak gitu suka sih pake props karena aku nggak bisa madu-madanin properti sama produk hehe. Memang aing ini pemalas.

Tapi aku punya beberapa bunga palsu dan rumbai-rumbai gitu kok buat foto. Kalo lagi nyambung sama produk dan mood, aku pake. Kalo engga, ya engga. Mau pake apapun propertinya, make sure propertinya nggak 'makan' si produknya yaa. Aku sering liat orang yang foto produk dengan banyak props sampe produknya nggak jelas dimana letaknya. Kadang aku mikir. Ini mau promoin produknya apa propertinya?

So, produknya harus lebih dominan.

4. Practice, practice, practice. Apalah arti mengetahui tanpa mencoba. Apalah arti baca post ini tanpa langsung nyobain nyekrek. Kalau sudah tau do and dont's nya, tinggal dipraktekin. Yuk bangun pagi, siapin alas, produk, dan properti dan mulai jepret!


Segitu yang aku dapet dari workshop face2face ditambah beberapa dari pengetahuan sotoy aku. Aku nggak jago foto flatlay gaes. Cuma suka aja liatin foto flatlay. Kece gitu keliatannya. Terus sekarang aku lagi mraktekin flatlay pake tripod. Karena flatlay itu bikin sakit punggung yu know! Pernah aku foto flatlay berjam-jam terus udahnya pake koyo. Hiks.



Ohiya, ada bonus swatch nih. Jadi di event ini, kita dapet hampers gitu. Goodie bag yang isinya macem-macem. Sumpah ya Face2face tuh generous banget sama kita. Ini banyak banget gilak! Sebenernya aku berharap kalo goodienya bakal XOXO Matte Lipstick full shade tapi ternyata ada lip stainnya (yang baru launch). Jadi aku bakal swatch lip stain ajah hehe. Tapi serius geng aku saat itu berharap kalo dapet lipstick full shade. Kalian harus tau XOXO lipsticknya F2F adalah local lipstick favorit aku. Sebagus itu! Bahkan ngalahin satu brand lipstick yang beberapa post kebelakang aku sebut-sebut lipstick yang selalu aku repurchase hihi.

XOXO Lipstick my luv T_T


Honestly, aku nggak gitu suka produk ini. Ini kayak lip tint gitusih dan yu know, aku nggak suka lip tint. Bibir aku super pigmented dan lip tint nggak ngefek. But that doesn't mean the product is bad. Produknya bagus kok. Packagingnya lucu banget. Kayak produk korea. Lalu lip stainnya juga punya warna yang cantik-cantikt dan bisa dibuild sesuai kemauan. Cuma ya itu, Lip tint/stain is not for me hehe.



Swatch XOXO Lip Stain

shade 1-5

shade 1-5


Setelah workshop, kita makan-makan deh. I seriously love hotel's food haha. Thank you so much Face2face! I love youuuuuu~ 



Nah segitu aja geng tentang Smartphone Photography dan event Face2face kemarin. Gudbai~


FACE2FACE


Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

10 comments

  1. Jadi penasaran sama XOXO Matte Lipstick. Aku cek di Shopee baru 1 toko yg jualan. Kalo mau beli langsung, kayaknya belum ada di Bengkulu. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh kamu di bengkulu ya sayy... cobain ini enak banget loh sumpah. Aku sampe udah repurchase shade peanut butter berkali kali XD

      Delete
  2. Pengen liat swatch di bibir dhellll wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percayalah swatch di bibirku semua sama aja wkwkwk

      Delete
  3. aku setuju banget buat yang poin 1 tentang cahaya. walaupun kamera handphone-nya cuma ala kadarnya asal cahaya-nya mendukung bakal jadi baguss.. dan setuju juga cahaya pagi paling sedap buat foto produk :)

    www.shopforcheapo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaann... pakai kamera sebagus apapun, kalo cahayanya pektay yo sami mawon hehe

      Delete
  4. Aku juga salah satu blogger yang foto apapun itu menggunakan kamera handphone Dhel dan setahun ini aku setia sama iPhone 5s, aku pernah pakai Xiaomi Redmi 2 buat hasil yg tajam bisa pakai HDR Dhel.


    fridaadp.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa aku juga suka pakai HDR nih cuma dia ngaruhnya ke produk aja. Kalo buat swatch, jadi ancur warnanya:" aku gatau kenapa kayaknya terlalu over gitu huhu

      Delete
  5. Biarpun hasil kameranya menye2, tapo foto2mu oke kok hihi

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe