Anti Stress Selama Puasa

4:49 PM

Semenjak puasa, jadwal tidurku kacau banget.

Biasanya aku bakal tidur jam 9 terus bangun jam 12. Habis itu nggak tidur sampe jam 6 pagi dan tidur sampe jam 12 siang. Begitu terus dari awal puasa. Penyebab awalnya sih karena begadang sama tugas akhir semester dan UAS. Tapi emang dasar akunya juga jadi susah tidur, kesini-kesini jadwalnya jadi kayak begitu semua.

Ini ngeganggu banget. Selain daya tahan tubuh aku emang jelek, aku tuh lagi hectic-hecticnya. Seharian aku jadi lemes dan sakit badan. Mau kerjain tugas juga jadi mager banget. Aku khawatir bakal kena tipes kalo begini terus haha. Tahun lalu pas aku punya jadwal tidur begini, aku tipes wkwk. Aku nggak mau keulang lagi karena tipes itu nggak enak. Taulah ya namanya sakit badan, mual, nggak bisa tidur, lemes, pusing, mau pingsan. Jadi aku coba berbenah pelan-pelan. Pokoknya nggak ada namanya begadang. Sebelum jam 12malam, aku udah harus tidur.

idntimes.com


Meskipun susah, tapi kalo dijalanin pelan-pelan, bakal terbiasa.

Mungkin buat temen-temen yang punya masalah yang sama kayak aku, bisa coba ikutin hal-hal yang aku lakuin dibawah ini:

1. Olahraga habis shubuh

Ya aku emang nggak sarankan kamu buat renang atau futsal shubuh shubuh. Olahraga ringan aja gaes. Kayak senam atau jogging keliling rt rw gitu.

 

Aku coba buat olahraga ringan yaitu setel musik terus gerak-gerakin badan di kamar kosan. Lumayan loh. Aku jadi seger dan seneng. Iya, seneng. Belakangan aku tau kalo dengan olahraga, produksi hormon endorphin jadi meningkat. Dan itu membuat kita bahagia. Apalagi kalo olahraganya diiringi musik. Beuh. Apalagi musik BTS. Beuh.

2. Minum vitamin sebelum tidur

Aku biasa minum vitamin C. Soalnya kayak yang aku bilang diatas kalo daya tahan tubuh aku jelek so I need vitamin C. Merek apa aja bebas. Tapi karena aku punya maag yang agak parah, aku pilih-pilih soal vitamin C. Aku biasa pake merk Holisti Care. Rasanya tawar beda sama Vitacimin yang rasa buah. Tapi so far, lambungku lebih bisa menerima Holisti Care daripada Vitacimin.

 

But anyway, kalo nggak suka pakai suplemen, bisa diganti dengan buah dan sayur. Sebenernya lebih sehat buat dan sayur sih hahahahaha. Tapi gimana dong aku anak kosan:" buah potong yang dijual di abang-abang kebanyakan udah dikasih pemanis. Jadi ya... Aku pakai suplemen aja.

3. Jalan-jalan sore

Kalo lagi puasa, biasa dibilang ngabuburit. Ini yang aku rasain penting buat kesehatan jiwaku wkwk. Aku akhir-akhir ini stress abis dan rumet aja pikirannya. Terus aku cobain buat jalan-jalan di kampus. Ngapain kek. Duduk doang kek, liatin orang lewat kek. Kadang aku jalan sendiri, kadang ajakin bebeb.

Ngiler kaga =)) via: aktual.com

Sambil jalan, kalo nemu makanan enak buat bukaan, sekalian jajan juga. Sebenernya semua makanan jadi keliatan enak sih pas puasa jadi aku malah jajan banyak T_T Jadi solusinya, pas jalan-jalan sore, aku cuma bawa duit 10 ribu wkwk.

4. Lakukan kegiatan produktif

Puasa bukan alasan kita untuk bermalas-malasan. Malah menurutku sayang kalau puasa cuma diem aja nggak ngapa-ngapain karena pahala yang kita dapet selama bulan Ramadhan itu bakal dilipat gandakan.

Kalau di kampusku, momen Ramadhan ini bertepatan dengan jadwal pengabdian kepada masyarakat gitu. Jadi kita semua bakal pergi ke desa dan mengabdi disana. Ngajar, seminar, dkk. Jadwalnya kebetulan selasa depan which is tanggal 13 Juni dan nggak bakalan ada sinyal so aku nggak akan bisa update apa-apa di socmed dan blog *cry. Tapi nggak papa sih. Itung-itung detox dulu dari internet hehe.

sumber: stylecraze.com

Banyak yang bisa kita lakukan buat jadi produktif. Kalo kamu suka makeup, kamu bisa ikutan banyak kompetisi makeup dan GA di instgram. Menjelang lebaran gini, biasanya banyak banget yang ngadain challenge dan giveaway.

5. Do fun things!

Terakhir, ini yang paling aku suka. Fun things! Karena aku suka makeup, aku jadi banyak kreasiin makeup ini itu selama puasa. Banyak makeup yang belum kesentuh pun akhirnya jadi aku suka.

Hal lain yang biasa aku lakuin yaitu screen shopping. Screen shopping itu sodaraan sama window shopping. Jadi kita buka olshop terus liat-liat barangnya dan mupeng haha. Menjelang lebaran begini, banyak banget online shop/store yang ngasih diskon gede-gedean. Recently, i just checked out Zalora and they are having a crazy sale out there. Apalagi buat baju muslimnya, diskonnya nggak tanggung-tanggung! Kebetulan banget kan kita mau lebaran dan biasanya jadi momen buat pakai baju muslim baru hehe. Kalau ada sale kayak gini, pengeluaran buat baju muslim baru jadi bisa ditekan dan uangnya bisa dipakai buat yang lain seperti sedekah hehe.

 

Satu baju yang aku keceng di ZALORA

Banyak kan hal-hal berfaedah yang bisa kita lakukan selama puasa. Jadi nggak adalah namanya puasa molor doang. Iya sih, tidurnya orang puasa itu ibadah. Tapi kerjanya orang puasa pasti lebih bikin pahala kita numpuk:)

Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

0 comments

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe