Blackxugar Behind the Scene: Proses Pembuatan Creative Content

10:35 PM

Aku seneng banget baca konten-konten kreatif yang meraik, apalagi tentang DIY. Mau itu bikin shampoo, sabun natural, masakan, pokonya apapun bentuk DIY. Tulisan-tulisan semacam itu berguna banget buat aku yang dompetnya totos alias hampa alian kering kerontang bagai gurun sahara. DIY bikin pengeluaran lebih sedikit kaan?





Karena aku suka baca konten yang kreatif dan menarik, aku juga harus bisa bikinnya dong? Buat aku yang seorang beauty blogger, konten yang aku bikin ya nggak jauh-jauh lah dari soal kecantikan. Mau itu makeup, skincare, atau bahkan sharing tentang pengalaman pibadi yang masih bersangkut pautan dengan kecantikan. Tapi nggak Cuma tentang kecantikan aja, aku juga sering nulis tentang personal thought aku mengenai isu-isu yang sedang hangat. Karena aku kuliah di jurusan bahasa, aku juga suka berbagi ilmu tentang kepenulisan. Semua itu berkaitan satu sama lain yang sangat berhubungan dengan dunia blogging.

Tapi FYI, bikin konten yang menarik itu nggak gampang. Serius. Tanya aja para creative content writer. Pasti semua merasa kalau membuat content yang kreatif, menarik, engaging, tapi tetep beresensi itu tantangan tersendiri. Kebetulan aku juga seorang creative content writer dan aku akui, menulis konten yang kreatif itu, perlu proses. Proses belajar gimana membuat konten yang padat tapi nggak bikin jenuh dan juga proses mencari ide yang fresh tiap saat.

Males kan baca konten yang itu itu mulu?

Dan lagi, tugas seorang penulis konten nggak selesai hanya pada “Oke, tulisan gua udah kelar. Yang penting informatif dan menarik. Tinggal dipublish deh!”

NOOOOO!!!

Seorang penulis konten, apalagi blogger, harus memikirkan gimana caranya tulisan dia dibaca orang banyak. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan SEO alias Search Engine Optimization. SEO ini berfungsi untuk membuat blog post kita berada di halaman awal google saat orang memasukan keyword yang sesuai dengan konten yang kita miliki.

Dan kali ini, aku bakal kasih tau rahasia-rahasia kotor kecil aku untuk menghasilkan konten di blog aku termasuk apa aja yang aku siapin, gimana prosesnya, dan juga kendala-kendala yang aku hadapi.

1.       Taking notes for the ideas

catet semua ide, gais~


Buat aku sendiri, saat aku membuat konten di blog aku, aku biasanya memikirkan ide-idenya, lalu menuliskan ide yang aku punya di notes. Why? Karena simpel aja, aku orangnya pelupa. Parah banget lah pelupanya. Saat aku mandi, aku tiba tiba punya ide cemerlang yaitu ‘tips mandi kilat tapi tetap bersih’, lalu pas aku balik ke kamar buat pake baju, ide itu sirna gitu aja. Like, wtf-_-

nyari ide buat makeup di Pinterest


Makanya penting buat aku untuk selalu pegang notes kemana-mana.  Buat catet ide ini-itu, bikin outline artikel, gambar-gambar nggak jelas. So I have to say, the secret behind my blog posts is a well organized ideas.

2.       Taking photos

Beberapa blogger seperti personal blogger yang sharing tentang personal thought mereka mungkin nggak terlalu membutuhkan hal ini. Gambar bisa diunduh di google dan disertakan credit. Tapi buat beauty blogger, beda cerita, bung! Masa iya blog isinya ngereview makeup tapi foto makeup dan hasil pemakaiannya nggak ditunjukin? Yakaliii~

Makanya aku selalu luangin waktu buat foto-foto narsis. Dulu, saat awal-awal ngeblog, aku Cuma foto selfie di depan jendela pake kamera HP. Macam anak 4L@y gitu lah (no offense ya) . Dulu sih puas-puas aja karena belum kepikiran buat bikin konten yang serius. Lalu kesini-sini mulai merambah minta difotoin temen ala-ala selebgram hits gitu. Hasilnya lumayan juga. Enak diliat lah postingannya haha.

Tapi tetep aja kita harus meningkatkan diri terus kan? Karna itulah, aku beraniin diri buat beli ring light. Ring light ini hits banget dikalangan beauty enthusiast karena cocok buat beauty shoot. Nggak tau kenapa, kalo pake ringlight tuh berasa lebih cetar gitu wkwk. Makeup yang dihasilkan kelihatan lebih halus dan warnanya lebih keluar di kamera. Karena ringlight ini, aku akhirnya jadi lebih suka self-photoshoot sendiri di kamar. Aku ubah ulang kamar aku dan aku sisain spot kecil diujung kamar buat foto-foto.


Lagi photoshoot hehe


Ringlightku ini fungsinya sebagai vanity mirror juga jadi spot buat foto di kamarku juga sekalian spot buat makeup hihi.

Dan ini buat hasil-hasil foto aku saat pakai ring light.




Evolusi foto-fotoku dari masa ke masa wkwk.



3.       Gadget(s)


Yhup! Yang poin ini paling krusial. Tanpa nulis ide dan foto-foto dengan peralatan bagus pun, kita tetap bisa nulis blog asalkan kita punya satu alat canggih bernama: komputer.

Buat ngeblog, aku pakai netbook. Dan netbook ini udah aku pelihara selama hampir 4 tahun. Aku bukan cewek yang apik, makanya netbook aku udah naas keadaanya. Doi nggak bisa aku bawa kemana-mana tanpa charger karena baterainya gampang banget drop. Terus aku juga nggak bisa ngetik sambil dicas soalnya jadi lemot paraaahh. Arrgghhhh~

cr: quickmeme.com


That’s why, aku lebih sering nulis di Ipad. Baru setelahnya aku pindahin ke laptop kalo udah sampe dirumah. Kadang sebel juga sih karena harus dua kali kerja. Yang harusnya sekali nulis bisa langsung publish, ini prosesnya jadi panjang. Ya pindahin file dulu dan ngedit spacingnya karena suka berantakan kalo pindahan dari Ipad ke netbook.
 
Makanyaa, aku mulai searching-searching buat menggantikan netbook tuaku ini. Setelah liat-liat, aku ketemu sama ASUSPRO P2430U yang spekulasinya sungguh amat bikin ngiler. Jujur, aku nggak tau banyak tentang komputer dan embel-embelnya. Tapi temen-temenku yang ngerti per-komputer-an bilang kalo ASUS itu termasuk merk yang paling bagus, apalagi buat para gamers.

ASUSPRO P2340U yang stylish~


ASUSPRO P2430U ini menggunakan Intel Core i7 yang cocok banget untuk menjawab permasalahan utama laptop aku yaitu: LEMOT. Blogging dengan laptop yang punya kinerja tinggi akan sangat menguntungkan karena dapat mengefisiensikan waktu. Terutama buat para blogger yang aktivitasnya nggak pure depan laptop aja.

anti lemot tjooy~


Buat yang pure depan laptop juga, tenang aja. ASUSPRO P2430U ini punya fitur anti-glare. What is that? Fitur ini membuat layar notebook kita semakin nyaman dipandang karena nggak membuat mata cepat lelah. It’s a great feature buat yang bermata minus tinggi. Terus fitur ini bakalan berguna banget buat kita yang suka nulis di keramaian karena nggak memantulkan bayangan. Caem pisaaan.



Satu lagi nih yang bikin aku tertarik. ASUSPRO P2430U punya 4 port USB yang mana sangat menguntungkan buat kita yang punya gadget seabrek. Tiga diantara 4 port itu adalah USB 3.0 yang lebih cepat dari pendahulunya, yaitu 2.0. Daaan, salah satu port USB 3.0 juga mendukung USB Charger+ yang memudahkan kita untuk melakukan charging pada gadget lainnya.

I think I’m in love with this notebook already.

4.       Editing, finishing, and sharing!

Setelah semua dilakukan, ada tahapan penutup yang nggak boleh dilewatkan.

Buat foto, aku pasti edit-edit lagi. Entah itu basic editing yang Cuma nikin kontras, brightness atau ngatus saturation aja. Sampe ke editing yang ngasih gambar-gambar lucu di foto biar kelihatan lebih eye-catching.

Banyak yang nanya ke aku tentang photoshop dan embel-embelnya. To be honest, aku bahkan nggak ngerti gimana ngatur saturation di photoshop.

“Kan bisa belajar!”
 
Laptopku itu lemot banget, gimana aku mau belajar photoshop haha. Aku pernah baru ada semangat belajar photoshop, eh buka Photoshopnya aja udah seabad-_- Jadi aku selalu edit pakai iPad. That’s another case if I have ASUSPRO P2430U yang kinerjanya tinggi jadi nggak bakalan lemot.

komputer lemot bikin nangis T_T


Untuk tulisan yang aku buat, pasti aku melakukan editing. Aku baca semuanya lalu aku edit mana kalimat yang nggak enak dibaca dan beberapa typo. Kalau bahasa yang aku pake masih kaku, aku selipin jokes jokes murahan ala Adhel.

Habis itu, tinggal publish dan share deh kesemua sosial media dan grup chat hehe. They have to know the existance of my blog. Sharing is caring right wkwkwk.

So, itu dia proses bikin konten-konten di blog aku. Meskipun bikin konten, terutama konten beauty di blog itu susah, but I do really enjoy it! Aku seneng banget bikin sesuatu yang berguna dan menginspirasi orang lain. Apalagi blogging itu kayak stress relief banget buatku. Seneng bisa sharing apa yang aku suka dan dapet respon positif^^There is one two days I feel really tired of blogging but that will never make me stop. I love blogging, I love sharing <3

Share your blogging behind the scene with me, guys!

Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

11 comments

  1. Jadi tau behind scenenya blog Adhel deh. hehe. Itu lah ribetnya jadi beauty blogger yak, harus betah foto-foto yang banyaaak. Tapi aku dengar bisik-bisik tetangga, pageviewsnya juga sebanding. 1 review produk aja bisa menghasilkan pageviews puluhan ampe ratusan ribu. Wow!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe. Tapi aku bukan blogger dengan pageviesw yang banyak. masih harus belajar lagii... makasih udah mampir^^

      Delete
  2. Yaampun kak aku masi berada di fase selfie alay depan jendela T__T great tips sih nyatet ide biar nggak cepet lupa. Thanks for sharing ka adhel^^

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ardaaa... aku no offense yha T_T. maksudnya aku alay gayanya gitu T_T iyaa, itu krusial buat aku karena aku gampang lupa orangnya hihi

      Delete
  3. W nga ngerti SEO, asli. Ada pdfnya cuma 52 lembar tapi baca bab 1 aja nga ngerti wkwkwkwk.
    Mau dong yang prosesornya i7 untuk edit video lebih pro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. W belajar ugha otodidak:( aku aja ndak punya fir wkwkw

      Delete
  4. Salfok sama alismu euy yang cetar aku kaau bikin alis suka kadang lagi bagus-bagusnya kadang juga nggak bagus hupfffff

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha.. aku ugha masih belajar kak wid. seoga bisa cetar beneran ya hehehe

      Delete
  5. Dhel kmren beli ringlight dimanoseeh? kya ny butuh ringlight huhuhu kalo bikin sendiri kok kayanya gak kelar2 banyakan malasnyaa :D

    http://its-ayuri.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditemen blogger namanya Tia. Yuk beli yuk sis ringlightnyaa.. kalo butuh kontaknya aku kasih via DM hehe

      Delete
  6. Konten Blogger yang kreatif penting bgt sih kak ! Tapi sayangnya kalo waktu nya mepet gitu jd kaya buru2 :"( aku mau bgt buat yg kreatif aesthetic gitu huu but lg have no time. Anyway, love your blog <3 mind to follow me back on gfc?

    XOXO, Syarah
    http://preciouzme.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe