About Shipping, JNE vs POS INDONESIA

12:06 PM



Disclaimer : Aku ga bermaksud menjatuhkan pihak manapun, hanya sekedar sharing pengalaman aja.

Beberapa hari lalu, aku pesan Grapeseed Oil dari Mbak Elea dengan sistem shipping JNE. Ada hal kecil yang tidak mengenakan yang terjadi. Aku melakukan pengiriman ke darah Tangerang. Rumah Orang tuaku memang bukan berada di komplek, tapi dekat dengan jalan raya. Alamatnya memang agak rumit, tapi kalau kirim paket pakai POS selalu sampai kok.



Jadi pagi hari, tanggal 30 Juli 2015, aku di-sms oleh pihak JNE yang menanyakan lokasi rumah aku. Aku pikir, kayaknya doi kesulitan nyari. Aku nyuruh mas mas kurirnya nanti nunggu di depan SD. Karena rumah aku sama SD Cuma jalan sedikit. Tapi si mas masnya malah bilang mau dititipin aja ke JNE cabang Pepabri. Rumah aku dan Pepabri itu agak jauh dan aku males juga. Masa online shopping yang harusnya aku nunggu dirumah, tetep harus jauh jauh ambil barang ? Karena aku orangnya agak sensian kalo masalah etos kerja, Aku bilang aja “ Loh kok gitu sih? Kalau POS yang kirim, selalu sampai loh pak. Yaudah dititip aja ke JNE Pepabri “ karena sudah gondok. Si mas masnya nggak bales lagi.

Aku jadi teringat kejadian temanku Syifa. Dia pesan softlens dari aku. Shipping menggunakan JNE YES. Yang seharusnya, sampai keesokan harinya dengan jaminan dan garansi uang kembali. Tapi kenyataannya ?? Sehari setelahnya paket belum sampai. Akhirnya Syifa pergi ke JNE cabang terdekat dari rumahnya, tapi sampai sana, doi malah dilempar ke JNE Pusat. Dan sialnya, doi salah alamat. Pas sampai JNE Pusat, malah dibilang barangnya kemarin malam sudah dikirim padahal Syifa aja ngga nerima apa apa.

Aku bukannya mau menjatuhkan JNE dan mengagung agungkan POS INDONESIA. Semua pihak ada kelemahan dan kelebihannya. Buat JNE sendiri, menurutku yang pelayanannya memuaskan Cuma YES. Entah kenapa kurir JNE YES yang datang kerumahku selalu ramah. Pernah sekali, kurir JNE YES sampe nunggu lama di depan rumah padahal aku lagi tidur wkwk. Dengan sabarnya, doi menunggu. Aku sampai heran, memangnya ada kurir khusus buat JNE YES ? Soalnya kurir JNE REG nggak seramah dan sesabar yang YES.

Kalau POS INDONESIA, menurutku kelebihannya ada pada sistem ekspedisi. Nggak kayak JNE yang kalo alamatnya di antah berantah langsung males duluan dan nyuruh konsumen ngambil sendiri. POS menurutku sangat bagus dalam nyari alamat. Cuma, Sebelnya POS itu, kalo buat paket, main lempar aja. Aku pernah pesan barang yang packnya dari kaca dan dilempar gitu aja ke dalam halaman. Dan pikirkan kalo rumah kamu ada kolam ikannya. Salah lempar, malah tenggelam itu paket. Untung bubble wrapnya tebal, jadi nggak ada yang pecah. Padahal kalo dokumen, nggak begitu. Kalo JNE, setau aku, selalu mengantarkan sampai pada tangan konsumen.

Buat harga, JNE lebih mahal. Mungkin karena sistemnya yang lebih transparan dari POS. Kita juga bisa tracking sendiri. Aku gatau POS bisa tracking atau enggak. Meskipun JNE banyak kekurangan dan agak mahal, tapi JNE selalu jadi favorit aku (apalagi yang YES). Au masih trauma sama POS yang sistemnya gaada-orang-langsung-lempar-kedalam-gerbang itu wkwkwk.

Apakah kalian suka menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE dan POS INDONESIA ? Atau punya jasa favorit sendiri ??

Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

0 comments

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe