Beauty Talk : KOMEDO ( Comedogenic & SLS )

12:22 PM



Halo !!!
Aku mau sharing pengalaman aku beberapa hari ini. Dari sesuatu yang aku anggap kesialan, malah menjadi sebuah berkah yang menurut aku cukup menakjubkan.

Sebelum sharing, aku mau ngasih tau kalo kulit aku ini adalah oily combination, acne prone gila gilaan, dan sensitif. Aku sering banget kena breakout. Gak cocok sedikit, bruntusan. Kena Debu dikit, bruntusan. Aku udah coba berbagai macam produk dari yang drugstore sampai yang kudu online segala. Nihil. Aku bahkan pernah desperate dan pengen coba operasi kulit wajah aja wkwkwk. FYI, aku belum pernah perawtaan di dokter maupun klinik estetika. Aku bener bener gamau pakai krim dokter. Gatau kenapa serem aja ngebayangin bahan kimia yang kenceng itu diolesin ke kulit aku yang rewelnya kayak anak bayi ini.




Masalah terbesar aku itu adalah KOMEDO. YA KOMEDO. Blackhead whitehead, udah kaya bikin arisan. Dahi aku penuh sama whitehead. Hidung penuh dengan bleackhead. Pori pori pipi besar. Arghhh!!!! Aku udah pernah tuh pakai pore strip. Tapi ngefek Cuma sebentar. Besoknya, si komedo bermunculan lagi. Aku bahkan pernah loh, gatau lagi gila atau apa, ngilangin kasar di wajah ini pakai razor. Iya mbak, alat cukur. Hasilnya kulit aku jadi iritasi parah. Ya ampun.

Aku beum nemu produk yang bener bener bisa membersihkan komedo dengan tuntas tas tas. Perjalanku di dunia perskincarean, membuat aku cukup yakin, seenggaknya kalau di Female Daily, aku bisa jadi suhu di sana.

Tapi kali ini, aku gak mau bahas tentang skincare. Aku mau bahas bahan bahan di dalam skincare itu sendiri. Kalo temen temen aware sama ingridient dalam sebuah produk, pasti tau deh istilah COMEDOGENIC. Comedogenic itu adalah sebutan yang diberikan untuk suatu bahan yang bisa menyumbat pori pori dan akhirnya menimbulkan masalah kulit ex. Komedo dan jerawat. Sebelum aku cuap cuap lebih jauh, aku mau temen temen tau kalo aku bukanlah pakar atau ahli dalam masalah skincare. Aku hanya sharing pengalaman aja.

Comedogenic itu dibagi jadi 6 level. Mulai dari 0-5. 0 itu yang ga menyumbat pori pori, sedangkan 5 itu yang level menyumbatnya paling besar. “Tapi kan aku pakai produk khusus untuk menghilangkan komedo?” Belum menjamin kalau produk tersebut non-comedogenic. Gimana cara liatnya ? Ya di ingridientsnya. Buat daftar bahan bahan comedogenic dan levelnya, bisa dilihat di sini. Cukup lengkap sih meskipun kurang lengkap juga menurutku soalnya ada banyak bahan yang belum tercover.

Terus, tentang pengalaman kesialan aku yang membawa berkah itu adalah karena aku lupa bawa facial wash saat liburan. Minggu lalu, aku pulang ke rumah Mama yang ada di Tangerang dan sialnya, aku lupa bawa face washku. Saat itu, aku lagi pakai Sariayu busa pembersih jerawat. Aku sedikit panik. Ga panik panik banget, soalnya alfamart juga tinggal nyebrang. Tapi aku males banget belinya, jadi aku 3 hari nggak cuci muka pakai face wash. Aku bersihin wajah aku pakai Mustika Ratu Pembersih yang kuning,terus bilas air,pakai toner dari Viva yang Greentea,beres deh. Dan tau apa? SEMUA blackheadku hilang sehilang hilangnya. Aku sadar karena saat aku mau pakai Ampulnya Sulwhasoo(review menyusul), daerah di hidung aku jadi mulus. Biasanya kan kasar dan nusuk nusuk gitu permukaannya gara gara blackhead. Yang mana si blackhead ini Cuma bisa ilang dengan cara scrubbing, steaming dan pore stripping. Aku heran banget kenapa bisa hilang. Padahal aku pikir, ritual ngebersihin wajahku yang ga pakai face wash itu bakalan nambahin komedo...



Googling sana sini, nemulah aku sama postnya mbak Ladypon yang ngomongin SLS. Doi bilang kalau SLS ini bahan yang sangat mengiritasi kulit. Mungkin itu alasannya kenapa kulit aku suka iritasi sehabis cumuk. Terus aku coba cek level comedogenicnya. SLS ini ada di peringkat yang tinggi. Buat Lauryl Sulfatenya 3 dan Laureth Sulfate 5. WOW.

Aku langsung ambil Milk Cleanser kesayanganku dari Mustika Ratu itu dan cek komposisinya. Bahan yang paling tinggi tingkat comedogenicnya yaitu Cetearyl Alcohol yaitu 2. Aku cukup takjub.

 
tonernya saya pindah ke Botol Mist

Caraku membersihkan wajah
-          Ambil Milk Cleanser secukupnya ( milk cleanser apapun nggak masalah asalkan dilihat level comedogenicnya)
-          Ratakan pada wajah dan pijat dengan 2 jari secara sirkular
-          Bilas dengan air
-          Bersihkan dengan toner lalu ditepuk tepuk ringan

Jadi, mulai sekarang, aku bakal menghindari SLS semampu yang aku bisa. Kan shampo tuh banyak SLS nya, sebisa mungkin kalau keramas, saat bilasannya, jangan sampai terkena wajah. Soalnya kan si SLSnya lewat ke wajah dan itu bisa bikin penyumbatan juga. Serem juga deh kalo kulit ini teriritasi. Niatnya mau mulus malah tambah rusak.

Akhir akhir ini, aku lagi suka scrolling di FD. Trit favorit aku yaitu Oils for Skincare Usage, Natural and Organic Skincare, dan Green Mommy Shop (GMS). Aku lagi tertarik buat coba coba bahan natural dan organik. Aku lagi pesen Grapeseed Oil dari mbak Elea. Kalau barangnya sudah sampai, nanti langsung aku coba dan aku review sebulan kemudian.

Aku masih amazed dengan blackheadku yang gatau pada kemana. Perjalanku bertahun tahun terjawab hanya dalam 3 hari tanpa kesengajaan. Yang lucunya, dulu akutuh super parno sama Mineral Oil. Padahal Mineral Oil tuh ratingnya aja 0. Cuman emang dia bukan minyak organik. Mineral Oil itu minyak turunan Bumi. Jadi tertarik coba OCM (Oil Cleansing Method). Lihat rating comedogenic sih, seharusnya aku cocok sama Sunflower oil karena level comedogenicnya 0.

Buat yang sudah lelah dengan komedo terutama blackhead, mungkin pengalamanku bisa dijadikan contoh ? Hehe, temen temen bisa sharing tentang perjuangan melawan komedonya juga ya ^^

Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

11 comments

  1. sangat membantu sekali artikel tentang Cara Menghilangkan Komedo, terimakasih atas informasinya
    .

    ReplyDelete
  2. halo kak aku juga bermasalah sama komedo..seneng aku baca postingan ini,aku mau coba hehe smga membantu deh..
    tp kak aku mau nanya, setelah kk itu make facewash apa?

    ReplyDelete
  3. ya ampuun.. seriuss, aku sudah habis brapa duit aja buat perawatan ke skincare cuma buat komedo.. dan hasilnya slalu balik lg dlm 2 minggu,.. sampe pengen oprasi juga.. hahahah.. semoga yg ini sukses.. makasih mbak

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih banyak atas sarannya, saya akan tunggu lagi informasi menarik lainnya
    salam
    Nu Amoorea Stem cell
    Nu Amoorea Beauty Plus Bar

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak atas informasinya saya akan tunggu informasi-informasi menarik lainnya
    salam saya
    Nu Amoorea StemCell
    Nu Amoorea Miracle Clay Bar
    Nu Amoorea StemCell

    ReplyDelete
  6. Terus yang whitehead nya gimana ya? Apa mbak ada cara ampuh buat ngilangin/nguranginnya? Aku bruntusan, wajah penuh whitehead sekitar dahi, pipi kanan-kiri, dagu, dan jaw line. Sampe udah hampir hopeless nanganinnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak :') terutama di dahi dak pipi dibawah mata

      Delete
  7. Hai hai..
    Kayaknya jenis kulit kita sama banget nih. Saat ini masih stick sama pembersih + tober td atau pake balik pake face wash?
    Makasiiih

    ReplyDelete
  8. Tapi aku kulit kombinasi bukannya toner itu GA bagus buat kulit kering ya... Trs aku pake apa

    ReplyDelete
  9. Aku juga dulu SMP jerawat kemana2 mbak, trus sempet liat blog dari orang luar katanya dia berhasil ngilangin jerawat karna udah saking muaknya dia gak mau cuci muka pake sabun muka dah gak make skincare apa2, eh taunya jerawat malah pelan2 menghilang
    Aku coba cara kyk dia, eh berhasil juga di aku, sekarang jerawat muncul cuma saat mau datang bulan aja

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya nggak dimoderasi jadi yang sopan, oke? Oke:)

Part of IFB

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

Member Of

Member Of

Follow me on Bloglovin'

Member Of

Be an e-tailPR blogger

Subscribe