Cushion: Pixy vs Emina? (Shade Tergelap)

1:11 PM


Apakah kalian merasakan perang diantara brand-brand lokal dan “lokal” Indonesia dalam mengeluarkan produk?

Aku sebagai penikmat makeup, sangat senang melihat perang ini. Dunia kecantikan sekarang tuh sungguh luar biasa. Satu ngeluarin produk, yang lain nggak mau kalah. Beda sama dulu. Susu pembersih ya Viva aja yang hits. Kayak nggak ada saingannya gitulo. Kalo sekarang, kita ngomongin susu pembersih, wah Viva udah punya banyak saingan.

Salah satu perang yang aku amati saat ini tuh adalah perang cushion. Perang menurutku dimulai saat Wardah mengeluarkan Cushion di seri Instaperfect-nya. Padahal sebelumnya, Mizzu dan Mineral Botanica udah punya Cushion loh. Tapi karena Wardah banyak banget peminatnya, jelas lah pas dia keluarin Cushion, mon maap, langsung hits banget. (secara brand lokal nomer 1 kan ye)



Hari ini aku pengen ngebandingin dua cushion yang lagi naik daun yaitu Pixy Make It Glow Cushion dan Emina Bare With Me Mineral Cushion. Kalo ada yang minta reviewnya, aku udah bikin di youtube. Buat blogpostnya kayaknya nanti dulu deh soalnya akutuh bete kemarin bikin draft buat swatches Purbasari Hi-Matte Lip Cream shade terbaru, eh ilang draftnya kaga tau kemana. Hilih kintil.

1.       Packaging

Aku sampek gatau mau bahas apa dari segi pekejing karena...





PLEK KETIPLEK! Sampek kualitas spongenya pun sama. Yowislah gaada yang bisa dibandingin. Kalo masalah warna dan desain, aku rasa itu sangat personal dan secara personal, aku lebih suka desain Emina. Suka sih sama desain Pixy tapi aku nggak terlalu sreg sama warnanya.

Kalo kata vlogger vlogger tuh elegan mewah tapi aku kan masih remaja imut lucu underage (pfft) jadi ya, aku suka pekejing Emina.

2.       Formula



Formula Pixy lebih kental dan berat. Pas aku tekan bantalannya, kerasa banget cairan cushionnya tuh “tebel” gitulo. Langsung ngelapisin jari aku. Meskipun gitu, pas diaplikasiin ke kulit, dia sama sekali nggak berat. Emang pas diawal tuh kayak ada rasa kulitnya tuh kayak dilapisi gitu, tapi pas udah diblend, jadi nggak berasa apa-apa.



Sedangkan Emina formulanya light banget. Cair kayak air. Pas diteken bantalannya, kerasa kayak menekan spons cuci piring keras yang keluarnya air wkwk. Pokoknya cair deh. Terus kalo dibandingin Pixy, ya jelas jauh feelnya pas pertama diaplikasiin ke kulit. Emina beneran ringan banget.

Kalo kita bandingin dari segi formula, kayaknya pas dibayangin, lebih enak Emina, ya? Padahal faktanya, aku jauh lebih suka ngaplikasiin cushion Pixy ketimbang Emina. Emina tuh ngeblendnya susyehh. Geser-geser mulu. Ga kaya Pixy yang langsung stay. Emina butuh beberapa menit sampai dia ngeset di muka dan nggak geser lagi. Buatku, itu amat sangat gengges. Jadi ya, aku lebih suka formula Pixy.

3.       Coverage and Performance

Sudah jelas dong coverage menang Pixy kemana-mana hahahaha. Parah sih sadis banget. Semua dosa di wajah tertutup-tup-tup. Aku emang nggak punya masalah noda hitam yang bandel banget di wajah, jadi buatku, coverage segitu udah lebih dari cukup.


PIXY (@black) | EMINA (xugar)


Kalau Emina, coveragenya light to medium sih. Dan nggak bisa dibuild karena seperti yang aku bilang di poin formula, dia susah ngeset. Jadi kebayanglah kalo kita timpa, bukannya ngeset, yang ada malah foundation di bawahnya ilang karena kegeser. Bencik aku bencik:(

Buat performanya, aku rasa keduanya punya nilai yang sama. Pixy, meskipun teksturnya tebal, dia tetap nyaman dipakai dan lumayan nahan minyak. Cuman yang aku rasain, Emina lebih tahan lama di kulitku yang berminyak. Dia lebih stay dan lebih nahan minyak. Aku mengerti karena seri Make It Glow Pixy emang buat kulit normal ke kering sepertinya. Sepertinya, loh ya. Tentunya kalo mau lebih tahan lama, kalian yang kulitnya berminyak harus ngeset lagi pakai bedak.

Ngomongin hasil akhir, aku nggak bisa pilih karena dua-duanya sama-sama glowing sebenernya. Pixy agak sedikit lebih glowing dari Emina tapi basically, dua-duanya sama-sama glowing.

4.       Shade

Aku punya shade tergelap dari kedua cushion ini. Shade 03 Caramel untuk Emina Bare With Me Mineral Cushion dan 301 Medium Beige untuk Pixy Make It Glow Cushion.



Meskipun dua-duanya adalah warna tergelap, dua-duanya seperti surga dan neraka. Nggak bisa disandingkan dan dibandingkan. Karena, lihat sendiri lah...

Pixy | Emina


Apa-apaan kamu Emina?! *lempar meja*

Maksudnya apa ya di gambar iklannya, shade caramel dipakai sama cewek berkulit gelap, tapi pada kenyatannya, aku nggak menemukan mana gelapnya dari shade ini. Aku tau swatchesnya lebih dulu dibanding tau iklan yang pakai model berkulit berbeda sebagai referensi. Pas liat swatchesnya, aku cuma "Ooo.. iya iya. Shadenya gaada yang pas buat kulit gelap" tapi pas foto para model keluar, satu kata yang keluar di otak aku adalah, "MATAMU!"



Banyak banget loh iklan dari brand lokal yang mengatakan seolah-olah produk mereka mendukung adanya diversity dalam segi warna. Jujur, sebagai cewek yang berkulit gelap ditengah derasnya ombak standar kecantikan "putih = cantik", aku cukup kesulitan menemukan warna yang pas buat kulitku karena dari awal, brand yang bertebaran disekitarku banyak yang denial sama keberadaan kulit coklat karena, mungkin, mereka ingin menuntun kita ke arah apa yang disebut sebagai "putih = cantik".

Nah, sekalinya ada diversity (yang mulai banyak dilakukan brand-brand sekarang), iklannya terlihat memanfaatkan. Aku nggak ngerti sih maksud sebenarnya Emina memilih model berkulit coklat untuk shade Caramel itu apa? Apakah mau membohongi dan membuat produk mereka seolah-olah masuk untuk semua skintone (yang padahal sangat tidak wkwk). Kalo iya, bisnis ini sudah kotor (: Yah aku mengerti Emina kan pada dasarnya jualan. Biar laku, konsep 'diversity' diterapkan. Tapi membuat iklan yang aku bisa katakan adalah penipuan seperti ini, menurutku menurunkan integritas.

Makanya aku beneran wanti-wanti kalian buat cari reviewnya secara mendalam dulu dan HARUS dari orang yang berwarna kulit serupa biar kalian nggak termakan iklan yang seperti ini.

UPDATE: Ternyata aku baru tau kalau kolom komentar post Instagram Emina yang foto itu ramai oleh banyak protes. Salah satunya adalah dari Kak Livjunkie. Kalian bisa baca-baca sendiri ya komen-komen disitu.

Lalu aku mulai berpikir apakah shade ini gagal atau gimana... Soalnya shade Caramel di BB Creamnya beneran coklat. Tapi di Cushionnya jauh banget perbedaan shadenya dengan si BB Creamnya. Undertonnya juga bukan yellow melainkan peach jadi bakal tetep bikin muka abu-abu kalau kulit kalian punya yellow undertone. Entahlah aku hanya sangat membenci shade ini. Kalo kalian perhatiin, semua shade di Emina Bare With Me Mineral Cushion inituh sama aja sebenernya. Beda tipis di undertone aja. Jadi menurutku, yang bisa pakai cushion ini Cuma mereka yang berkulit terang aja.

Kalo Pixy, sebenernya dia shadenya masuk di kulitku tapi undertonenya ga masuk. Undertone Pixy Make It Glow Cushion Medium Beige ini lebih ke peach sedangkan yang aku butuhkan itu yellow. Jadilah mukaku agak abu-abu kalau pakai ini. Masih bisa kuakali sedikit pakai bronzer dan pakai cushionnya dibaur sampai leher biar ga belang.

Klik link di bawah ini buat nonton video swatches masing-masing cushionnya (Selain buat promo youtube-ku, aku rasa lebih jelas kalo kalian lihat sendiri lewat video hehe)

Pixy Make It Glow Cushion 301 Medium Beige

Emina Bare With Me Cushion 03 Caramel

Jadi aku pilih yang mana?

Overall, nggak ada yang sempurna di mataku. Pixy dan Emina punya kelebihan kekurangan masig-masing. Tapi kalo disuruh pake, aku pasti pake yang Pixy lah ya wong shade Emina ni nggak masuk akal di kulit aku:(

Silahkan dicocokkan dengan kebutuhan dan keinginan kalian masing-masing. Anyway, kalo kalian tertarik beli Emina Bare With Me Mineral Cushion barengan sama temen, kalian bisa beli si Sociolla pakai kode voucher SBNLATRK untuk potongan Rp 50.000 tiap belanja Rp 250.000. Jadi kalo beli 2 cushion Emina, harganya jadi Rp 101.000 dari Rp 126.000 satunya. Kemarin aku juga beli barengan sama temenku dan harganya jadi Rp 101.000.

Beli Emina Bare With Me Mineral Cushion disini.

Warm Hugs,

Adhelia Fa



You Might Also Like

8 comments

  1. beneran loh kak warna emina tuh 3 kali lebih terang dari shade bb creamnya, masih berharap makeup lokal banyakin produk yg yellow undertone. btw kk pernah pakai mizzu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran kaget aku pun sama shadenya haha. beluumm. kepo sih soalnya banyak yang bilang 2 shade gelapnya masuk ke skintone sawo matang

      Delete
  2. Ternyata nggak cuma aku yg ngerasa shadenya emina sama semua haha. Anyway si Pixy itu coveragenya bagus, sayangnya nggak masuk ke warna kulitku :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha toss. nah ituu. kan kuesel juga yak wkwk

      Delete
  3. susah ya sama mind setnya orang Indonesia yang terdoktrin putih itu cantik, jadi semua berlomba-lomba pengen putih tanpa peduli cocok enggak sama kita, alhasil muk aputih, tangan belang bentong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. putih cantik Ciwiin. tapi yang mereka lupa, kulit warna lain pun cantiik juga hehe

      Delete
  4. Hahahah kusuka Adhel yang ngegas in Emina. Untung ku tak tertarik cushion delllll

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya dimoderasi karena banyak SPAM:)

Subscribe