Makeup Selebriti: Martinez Cosmetics Review

1:05 AM

Entahlah sekarang lagi musim apa. Di Bandung, malam sampai subuh dingiin banget. Kalau siang pun nggak jelas. Panas tapi berangin. Kondisi cuaca seperti ini membuat kondisi kulitku yang aslinya berminyak, jadi lumayan kering dan bahkan, ada beberapa bagian yang mengelupas. Sudah beberapa hari, aku menghindari pemakaian produk powder buat sehari-hari  karena bisa membuat patchy.

Anyway, karena kondisi kulit dan cuaca yang kayak gini, aku jadi menemukan fungsinlain dari Martinez Lip Palette, which what I will be reviewing right now, dan bikin aku jatuh cinta banget sama produk ini. I'm serious. Aku selalu bawa produk ini kemana-mana. Selain lip palettenya, aku juga bakal review blush onnya juga.



I'm pretty sure, masih lumayan banyak orang yang belum kenal dengan Martinez Cosmetics. Apalagi kalau kamu bukan penganut Tasya Farasya. Aku kenal brand Martinez pun dari Tasya. Dia sempet bilang, foundation HP Glownya bagus banget tapi aku belum pernah coba di wajah sendiri jadi belum bisa komentar. Brand ini sendiri sebenernya sudah bisa kita temukan di Watson. Kalau ke watson, aku suka mampir ke booth Martinez dan liat-liat.

Martnez sendiri adalah brand dibawah naungan PT Cakra Daya Makmur yang juga membawahi brand lain seperti Vienna. Kalau Vienna, aku yakin udah banyak yang tau. Produk masker mereka ada dimana-mana. Aku lumayan suka sama masker Vienna kalau lagi iseng pengen maskeran yang beda. Lumayan bisa membuat kulit wajahku lebih bersih dan maskernya juga melembabkan. Oke balik lagi ke Martinez wkwk. Martinez mengambil tema Celebrity Makeup dengan konsep High Glitter. Kalau dengar celebrity, pasti kita terbayang sama yang glamour dan bersinar. Itulah kenapa, rata-rata produk Martinez memang glamour dan shiny. Bener-bener sesuai dengan konsep Celebrity. Satu hal unik lagi, meskipun produk ini lokal punya, katanya bahan dan formulasinya itu dari Paris. So the quality of the ingredients are good.

Aku diberi kesempatan untuk mencoba 2 produknya yaitu Lip Palette (yang belum launching) dan Blush on.



Lip Palette

First of all, kalau temen-temen keracunan sama produk ini, mon maap ye, produk ini masih belum beredar. Beberapa kali aku ke konter Martinez, produk ini belum ada.




Lip palette ini sendiri merupakan lipstick yang ditaruh di dalam pan sebesar pan eyeshadow. Dalam satu palette, ada 5 warna mulai dari nude sampai bold yang bisa kita mix sesuai dengan keinginan atau dipakai sendiri-sendiri. Palettenya punya desain yang sleek dan elegan dengan bentuk yang pipih namun kokoh. Di dalamnya udah ada cermin, jadi palette ini compact banget. Palettenya sendiri sebenernya adalah palette untuk eyeshadow jadi, kuasnya masih pakai kuas eyeshadow. Awalnya aku heran kenapa kuas lipstik berbentuk sponge hehe. Ternyata memang produk ini masih tahap pengembangan. I'm looking forward to see the developed packaging of this product.



Talking about texture and formula, karena palette ini hanya terdiri dari satin lipstick dengan hasil akhir yang shiny, jadi teksturnya saat dipegang pun lumayan licin dan mudah meleleh di jari. Kudu hati-hati saat mengambil produknya pakai jari karena bisa beleber keluar pan (aku masih ambil pakai jari karena kuas bawaannya bukan kuas lipstick jadi nggak bisa ambil produknya dehgan baik).

Aku pikirr ya, produk ini bakalan susah diambil. Pengalaman aku dengan lip palette nggak begitu bagus. Produknya susah diambil dan nggak jelas gitu teksturnya. Ternyata Martinez Lip Palette ini gampang diambilnya karena dia langsung meleleh di jari dan tekstur setiap warnanya cenderung konsisten. Nggak ada warna yang terlalu keras atau yang terlalu mudah lembek. Semua sama. Ini membuktikan kalo Martinez Cosmetics memang punya quality control yang bagus.


Swatch dari kiri ke kanan:


Stainnya cantik-cantik~







Martinez High Performance Artist Glam Blush On

Seneng banget pas tau aku dapet shade Bronze Reflection instead of others. Warna lainnya dalam produk ini menurutku kurang masuk sama kulitku dan rata-rata, aku udah punya.



Blush On ini punya kemasan bundar yang standar ala blush on brand lain. Produk didalamnya seberat 8g dan produk ini nggak ada cerminnya. Meskipun standar, aku suka sama packagingnya. Aku nggak terlalu butuh cermin dalam blush on karena terlalu kecil untuk merefleksikan pipiku yang cabi ini wkwk. Jadi saat pakai blush on, aku suka bercermin di cermin eyeshadow palette. Produknya juga transparan di tutupnya memudahkan aku tau warna blush on didalamnya kayak apa.



Yang menjadi perhatianku pas liat bagian belakangnya adalah terjemahan bahasa inggris dari penggunaannya.

"Remove a small amount of blush and apply it with a brush or sponge on cheek"

Nggak ada hubungannya sih sama produknya. Cuma aku agak nganu sama kata "remove". Maklum w anak jurusan bahasa inggris jadi suka nganu sama segala bentuk grammar atau terjemahan yang kurang pas. Bakal lebih pas kalau kata "remove" diganti kata "pick" karena remove itu artinya hapus. Mungkin saran ini bisa dipertimbangkan oleh pihak Martinez hehe.

Sangat disayangkan juga karena aku nggak nemuin ingredients list di bagian belakang produknya. Cuma ada kode BPOM, barcode, dan informasi perusahaan. Buat orang yang sangat concern terhadap isi kandungan suatu produk kayak aku, pasti kurang sreg sama hal seperti ini. Akan lebih baik kalau dicantumkan sekalian biar konsumen nggak harus nanya ke pihak Martineznya. Kalau mungkin terlalu banyak, bisa pakai sticker yang bisa dikelupas dan ingredients listnya ditaruh di bagian dalam sticker itu.





Oke packagingnya udah, sekarang kita ke performa produknya sendiri. Saat aku colek pakai tangan, teksturnya terasa keras tapi langsung keambil warnanya  di tangan. Aku rasa wajar kalau blush on ini agak keras karena glitternya banyak coyyy. Blush on matte bakal kerasa lebih lembut karena memang nggak mengandung glitter. Meskipun keras, dia tetep lembut kok dan emang bener sih mereka meletakkan High Performance karena memang performanya juara. Pigmented!

But but but... karena keras tadi, produknya jadi kayak nggak 'nyatu' gitu. Kata lainnya, it is too powdery. Saat diambil pakai kuas, produknya berubah menjadi serbuk atau powder dan kemana-mana. Ngotorin sekeliling pan, bahkan ngotorin baju kalau kamu pakainya deket muka. Fall out banget. Percobaan kedua pakai sponge karena disitu ditulis bisa pakai sponge. Tapi aku nggak suka hasil pas pakai sponge karena jadi nggak rata. Sedangkan produk ini glitternya banyak banget dan sayang kalau glitternya cuma diem di satu bagian pipi aja. Aku suka sama finishing produk ini yang beneran glowing dan bagus banget, tapi aku nggak suka sama fall outnya yang berantakan kemana-mana.



Seperti yang aku bilang, aku suka sama finishing produk ini yang glowing parah. I love glitters! Warnanya pun cantik. Warna coklat dengan sedikit campuran peach dan gold. Jadi nggak pure coklat gitu. Karena kulitku tan, blush on warna bronze begini bikin kulitku seperti sehat banget. Ditambah glitternya yang halus dan banyak, aku kayak habis perawatan yang bikin kulitku glowy hihi. Shade yang kupakai adalah Bronze Reflection. Oh, I love the name! It surely reflects bronze! Glitter blush on ini berwarna gold yang juga cantik banget. Aku saranin temen-temen kalo mau photoshoot pas golden hour, pakai blush ini deh. Dijamin bagus banget. Buat yang kulitnya terang, pakai blush seperti ini buat sehari-hari mungkin keliatan kurang pas. Bisa diakalin dengan memakainya ala bronzer seperti yang Tasya Farasya pake. You will instantly have that healthy looking skin!



Aku seneng banget ngereview produk lokal yang berkualitas gini. Ada selipan bangga tiap artikelnya wkwk. Seneng rasanya nunjukkin ke pembaca kalo ini loh produk negara kita. Berkualitas banget. Jadi jangan melulu beli produk luar negri hehe. Dari kedua produk yang aku dapet, aku lebih suka sama Lip Palettenya karena terasa versatile dan kombinasi warnanya ciamik banget. Aku jadi pengen cobain HP Dramatic Glow foundation dan Eyeshadownya kalo begini hehe.

Recommended? Yes. It is truly High Performance.

Repurchase? Karena yang aku dapet produk yang bakal lama habisnya, kurasa tidak.


Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

0 comments

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya dimoderasi karena banyak SPAM:)

Subscribe