Purbasari Lipstick Color Matte 82, 86, dan 90 Swatch + Review

4:09 PM

Sebelum aku mulai review, aku mau ngasih tau kalo ini adalah satu-satunya lipstick lokal yang butuh perjuangan ekstra buat ngedapetinnya. Never in my life beli lipstick lokal aja segini hebringnya.

Kalo dia lipstick luar mah masih ditolerir lah kalo sering sold out. Soalnya proses impor barang aja ribet banget. Belom bea cukai dan segala macem yang saya ndak ngerti. Etapi bagus juga ya kalo lipstick lokal pasokannya seret. Berarti dia bagus banget, kan? Temenku yang aku tau nggak terlalu suka makeup aja sampe nyari lipstick ini. Hebat euy, Purbasari.





Aku beli ini di Jopankar di Jalan Dalem Kaum, Bandung. Aku dikabarin sama mereka kalo si Purbasari ini udah dateng. Aku langsung “SIS KEEP NO 82 DAN 86. SEKARANG SISSS!!”.  Terus aku melipir ke gugel buat baca reviewnya sebentar. Lalu aku tiba-tiba kepingin shade 90. Aku langsung kontak mereka lagi dan mereka bilang abis. Ludes. Wtf.

Etapi emang dasar jodoh ma nggak kemana. Pas aku ke Jopankar, ternyata ada dong si shade 90. Bahagia banget. Bahagianya tuh setara sama kamu dichat duluan sama gebetan kamu. Masalahnya ini lipstick tuh emang beneran diicer dimana-mana.

Sebagus itukah?

Mari kita lihat..





Aku nggak akan bahas terlalu dalam soal packaging. Aku males bahas kemasan yang reviewnya udah bertebaran dimana-mana. Warnanya hitam, kotak. Aku suka sama bentuknya yang kotak soalnya nggak akan ngegelinding. Yakeles kotak ngegelinding gimana caranya-_-

Aku punya shade no 82 (Mirah), 86 (Topaz), dan 90 (Crystal).

Penjelasan shade dibawah sesuai dengan swatch di tangan dan bibir aku. Please noted, bibir aku pigmented dan cenderung bikin lipstick nude washout dan lipstick dark jadi tambah dark.



82 (Mirah) : Deep purple dengan hint berry. Aku sukaa! Aku belum pernah punya lipstick warna begini. Suka banget, deh. Di aku ungunya kenceng banget. Banyak yang bilang katanya merahnya lebih kenceng.
86 (Topaz): Deep brown dengan hint merah. Di aku jadi merah bata agak kecoklatan. Aku merasa menjadi diri aku yang sebenarnya dengan lipstick ini haha. Aku selalu suka dan cocok pakai lipstick coklat. Ini warnanya mirip sama lipstick Just Miss yang masuk post Current Favorite aku. Tapi Purbasari Topaz ini versi lebih ngalemnya.
90 (Crystal): Coklat muda dengan hint oren yang dikiit. Lebih banyak hint merahnya. Agak pinkish kalo dipake di aku. Tapi difoto mah bagus, ya? aDi aku agak washout. Agak yah. Tapi masih sangat wearable dibanding sama Wardah Longlasting Fabulous Peach atau WnW Bare it All. Ugh.



Stainnya cantik loh. Ini padahal udah diusrek-urek pake Pixy Clenasing Express sampe tangan aku sakit tapi tetep bandel. Aku paling suka sama stainnya Mirah karna ungu syantique gitu.

Aku agak nyesel kenapa aku Cuma beli 3. Wkwkwk. Aku bakal pastiin kalo stok dateng lagi, aku akan ambil shade lainnya. Pasti.

Tekstur dan ketahanan.
Oke teksturnya emang bagus banget. Creamy banget. Aku kaget loh pas pertama kali apply di bibir. Soalnya dia tuh smooth banget. Creamy abis. Nggak kerasa kayak make lipstick matte. Berasa kaya make lipstick biasa aja gitu. Abis di apply, beberapa saat langsung berubah matte tapi kalo disentuh teksturnya powdery abis. Velvety finish tapi keliahatan matte gitu. OMG.

Saking creamynya, haram buat kamu ngejatuhin lipstick ini. Punyaku yang Topaz jatuh dan patah. Ya, jadi Topaz-ku sekarang uglak-uglik nggak jelas gitu. Tapi ya nggak papalah. Masih bisa dipake meskipun gengges.

90 Crystal

86 Topaz

82 Mirah (maaf ya ini potonya barusan banget abis keujanan. Makanya kayak gembel)


Terus dia nggak bikin bibir kering. Tapi juga nggak bikin bibir jadi lembab sih. Biasa ae. Kalo aku pakai Just Miss, aku masih harus apply lipbalm dan diblot soalnya kadang bikin bibir kering. Kalo Purbasari ini mah nggak pake lipbalm juga udah top markotop. Dia pun beneran tahan lama. Buat shade gelap seperti Mirah dan Topaz, aku saranin kalo mau dihapus, pakai makeup remover soalnya dese agak susah dihapusnya. Unless kamu mau nyakitin bibir kamu sihya nggak papa.

Soal transfer-proofnya, aku acungin jempol lah. Aku pake masker dan kalo pake lipstick pasti ngestain di bagian dalam masker. Tapi kalo pake Purbasari ini transfernya dikiiiit banget. Paling transfer ke botol air mineral dan itu juga dikit banget. Kata orang-orang kiss-proof juga ya tapi saya mah belum pernah ciuman jadi belum bisa ngebuktiin.

Sejauh ini, si Purbasari adalah matte lipstick terbaik yang pernah aku coba. Yang paling parah itu Wardah. Aku nggak ngerti kenapa Rinda rekomendasiin Wardah Longlasting. FYI aku fans berat Wardah but not for their Longlasting lipstick. Aku biasanya netral saat menilai produk tapi Wardah Longlasting tuh yaampuun.. nyerah! Seret banget. Kalo di glide sekali itu bakalan banyak yang bolong-bolong. Even aku sudah pakai lipbalm dan diblot. Pokoknya aku nggak akan sentuh-sentuh si Longlasting itu lagi.

Overall, aku suka sama Purbasari ini. Isinya dikit, Mungkin karna itulah harganya murah.

Recommended? Yes. Banget! Asal kamu mau sabar nungguin stock shade yang kamu mau.

Repurchase? Yes. Mau nomer 83,88, dan 89. Dan semuanya. Tapi aku mencoba untuk realistis...

Price? Was bought Rp35.000 di Jopankar.

Ada yang udah coba shade diatas? Gimana hasilnya di kalian?^^

Warm Hugs,

Adhelia Fa

You Might Also Like

31 comments

  1. ah~ naksir yang Mirah, Dhel...warnanya ketjeehh!!!
    Purbasari matte ini emang Da Bomb yaa..dimana-mana sampe sering sold out. kayaknya perlu beli langsung ke pabriknya biar bisa dapet shade komplitnya #eh?
    thankyou review nya...^^


    check my new post:
    saycintya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mirah emang ketjeh badai cin percaya sama ekee...sayangnya emamg itu stoknya parah dikit bener gakuat:

      your welcome yaa^^

      Delete
  2. Dhel, kan mupeng. Aish T.T
    eike bnyak lip product belum d ripiu, mau beli lg juga nanti malah gak tahan buat cobain.

    Tp abis UAS, I mesti beli ini dhel. Udah gak tahan godaan.
    Semoga gak pada sold out d kota I.

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia rin aku juga numpuk diatas meja makeup makeup yang belom direvirw. Emang harus gerak cepat kaliyahaha.

      Nanti habis UAS u mesti cobain rin. Kalo di Jambi nggak ada pokoknya beli onlen hehe. Semangat UAS dan UNnya yaa

      Delete
  3. Sama del! Aku punya 4 shade dan salah satu shade yg kita punya sama adalah yang 82. Warna itu kece gilaaaaa.. Tapi aku biasanya pake pas jalan malem, soalnya keren kalo dipake malem. Tapi si purbasari kok ya lama-lama ngebentuk gitu di garis bibirku.. dan kalo udah lama pasti ngilang di bagian dalem. Tapi emang powdery loh ya del, aku pegang-pegang setelah apply.

    Mau tau beneran kiss-proof apa enggak? Coba gih del :p

    http://tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah koleksiku kalah banyak sama mbak Sherly! aku kudu upgrade nih haha #gamaukalah. Tapi emang iya loh jadi kayak segaris di bagian dalam bibir. mana garisnya itu warnanya suka terang banget. Mungkin karna daerah itu basah kaliya soalnya si purba ini powdery... sotau banget yah gue

      Delete
  4. apa aku doang yang belom coba:')

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya! cuma kamu doang ISTHI! :))) Ayok cepet cobaiin hehe

      Delete
  5. Just miss parah banget sih kering sampe ngelupas padahal udah pake lipbalm. KZL.
    Pengen coba ini juga cuma belom beneran 'nyari'. Kalo justmiss kan jalan-jalan ke mall, tengok stroberi terus main comot juga jadi. Ini mah harus cari beneran ke toko makeup.. Malez. HAHA.

    Jopankar.. aku ga tau itu dimana XD
    Tapi harga 35ribu termasuk lebih mahal, setau aku range harganya masih 22-28ribuan. Tapi emang dasar barang laku kali, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mahal aku baru sadar! di deket rumahku cuma 29 ribu siyaaalll wkwkwk.

      just miss kering tapi nggak sampe ngelupas sih kalo di aku heheheh

      Delete
  6. Aku nyaranin kamu wardah yang ijo itu loh .Yang longlasting mah aku kepo doang .
    Aku kabita sangaaaaattt liat nomor 90.
    Bagi dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. da kamu nyuruhnya yg loslasting rin-,-

      belii kan kamu udah punya yang 90:(

      Delete
  7. Cocok banget pake yang crystal. Syantiek2 gimana gitu..
    Pingiiiinn~

    sweetsourbittersaltyy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihihihihi maca ciiih wkwkwk. makasih yaa ayo dibeliii

      Delete
  8. Pengen :3 ntar bisa dipake buat nikahannya embak :3 seenggaknya yg ini lebih kece dibanding wardah eksklusive yg sheer nggak ngecover bibir punyaku itu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. exclusive itu dia glossy to saton makanya nggak nutup sempurna hehe. ayoo dibeli kece looo:3

      Delete
  9. aduh, no 90 itu udah beli berkali-kali :)))))
    gak bisa lepas sama lipstik satu ini :D

    yubikanobi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kalo yang ini abis mau beli lagii hehe soalnya warnanya cantik dan pad sama wajah :3

      Delete
  10. HALOO... KAMU SIAPA YAA?? TOLONG JANGAN COPAS ISI BLOG INI TANPA SEIJIN SAYA APALAGI MENGHILANGKAN AUTHORITY SAYA DALAM TULISAN. MAAF YA KALO PAKE CAPSLOCK SOALNYA KAMU NYEBELIN SIH^^ :*

    ReplyDelete
  11. Aku naksir no 90 deh *_____*

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  12. Awalnya aku gak tertarik sama lipstick ini, karena bibirku gak cocok buat pake yang matte-matte gitu. Eh...pas aku coba punya temen aku yang 86 dan 90 ternyata bagus. Dan aku naksir sama shade 85 dan 89 tapi nyarinya susah banget udah kemana-mana sampe ke olshop out of stock mulu. Rebutan :( Sedih. Tapi, finally aku nemu di Tokopedia (itu pun rebutan juga hehe). Nice review!

    www.lunetaaureliafatma.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Ready stock lagi ya lipstik purbasari matte shade 81,82,83,84,85,86,88,90
    Harga 33.000
    Open reseller &dhropsiper
    Lusinan/grosir bisa nego
    Order bisa hub salah satu kontak:
    Pin 5cd6dbd1/wa 081215570723
    Terimakasih

    ReplyDelete
  15. Iya recomended banget nih. Aku udah punya 81 84 86 88 89 dan 90

    ReplyDelete
  16. Tdnya q coba beli 1 warna. Dan ternyata dibibir lembut bngt ringan. Dan akhirnya q beli wrna2 yg lain. End koleksi purbasari.

    ReplyDelete
  17. Tdnya q coba beli 1 warna. Dan ternyata dibibir lembut bngt ringan. Dan akhirnya q beli wrna2 yg lain. End koleksi purbasari.

    ReplyDelete
  18. Aku punya nomor 81 & 90, tertarik banget sama 86 & 89, cuma agak susah nyarinya. Nomor 81 di aku jatohnya nude gtu warnanya mirip-mirip sama warna bibir, yang 90 sih cantik banget!

    https://allenglory.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  19. Ha ha sama nih nasibnya, setelah bolak balik ke chalista and sherly, akhirnya dapet juga. Tapi pas dicoba warnanya kelewat terang,#mungkin karena gak biasa dan salah no. Selebihnya? T O P

    ReplyDelete
  20. Wahhh aku baru beli yg shade 90. Suka teksturnya emang bener" kualitasnya oke. Dan lebih lagi cari disurabaya susah cinnn, aku searching trnyata ada di DTC, cus deh langsung kesana. Senengnya lagi satu kali dtg ke toko langsung ada. Wkwk beli nya cuma 2 mnt, tokonya bnyk yg tutup akhrnya lngsung cus. Cari tempat nongki, biar maen nya agak lamaan hehe.

    ReplyDelete
  21. kak kalo buat ombre lips di bibir gelap bagusnya pake shade berapa aja ya?

    ReplyDelete

Makasih sudah baca^^ Ayo share komentar kalian di comment box. Aku suka bacain komentar kalian hehehe. Jangan ngiiklan, jualan, konten pornografi, dan SARA, ya! Entar dikameha-meha sama yang punya blog #hayoloh. Komennya dimoderasi karena banyak SPAM:)

Subscribe